Selasa, 23 Jun 2020 04:55 WIB

5 Efek Samping ketika Minum Teh Berlebihan

Anjar Mahardhika - detikHealth
ilustrasi kopi dan minum kopi Efek samping minum teh berlebihan (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Teh merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Minum teh pun dapat disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Rasanya yang enak dan segar menjadi alasan orang meminumnya saat santai.

Teh diketahui memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, terlebih jika disajikan tanpa gula. Namun, mengkonsumsinya secara berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut 5 efek buruk mengkonsumsi teh secara berlebihan bagi kesehatan, dikutip dari Times of India.

1. Mengganggu waktu tidur

Minum teh terlalu banyak dapat mengganggu waktu tidur kamu. Sebab, kandungan kafein dalam teh membuat kamu sulit tidur. Kafein diketahui dapat mengganggu hormon melatonin dalam tubuh yang mempengaruhi pola tidur.

2. Mengurangi penyerapan nutrisi

Kandungan kafein dalam teh juga dapat menghambat pencernaan dan mengurangi penyerapan nutrisi dalam tubuh. Selain itu, teh juga memiliki kandungan yang bernama tanin. Kandungan ini dapat menghambat penyerapan zat besi dari makanan yang kita makan.

3.Meningkatkan kegelisahan

Banyak orang yang minum teh untuk menghilangkan stres dan kepenatan. Faktanya, minum teh terlalu banyak dapat memperburuk keadaan tersebut. Sebab, mengkonsumi kandungan kafein dapat menyebabkan kegelisahan. Oleh sebab itu, hindari meminumnya berlebihan.

4. Menyebabkan mulas

Kandungan kafein dalam teh merupakan salah satu sumber masalah bagi kesehatan tubuh. Kafein dalam teh dapat memperburuk pembentukan asam di lambung yang menyebabkan mulas, kembung, dan gelisah. Hal ini juga dapat menyebabkan timbulnya refluks asam dalam tubuh.

5. Menyebabkan komplikasi kehamilan

Mengkonsumi teh berlebihan dapat berbahaya bagi ibu dan bayinya, karena dapat meningkatkan terjadinya komplikasi. Jadi disarankan untuk minum teh bebas kafein atau teh herbal selama masa kehamilan.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)