Selasa, 23 Jun 2020 16:13 WIB

Tempat Wisata Mulai Dibuka, dr Reisa Ingatkan untuk Tidak Bawa Anak-anak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
dr Reisa ngatkan jangan bawa balita ke mal dr Reisa Broto Asmoro. (Foto: BNPB)
Jakarta -

Sejumlah destinasi wisata mulai dibuka. Kawasan wisata alam yang tersebar dalam zona hijau dan zona kuning yang berbasis ekosistem dan konservasi secara bertahap akan dibuka dengan mempertimbangkan risiko penularan Corona yang paling ringan.

Dalam konferensi pers BNPB, dr Reisa Broto Asmoro menyebut pembukaan kembali aktivitas masyarakat di tempat wisata mempertimbangkan keinginan masyarakat yang sudah diikuti oleh persiapan secara terukur dan terus menerus oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Batasan pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas jadi tidak boleh ada kerumunan dan selalu jaga jarak aman," katanya Selasa, (23/6/2020).

Penting untuk pengelola dan pengunjung untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya pencehahan Corona. Selain membatasi jumlah pengunjung yang masuk, pengelola juga harus mengatur jarak antrian dan mengoptimalkan ruang terbuka.

Selain itu disarankan menggunakan sistem online atau pengunjung mendaftar dulu sebelum datang untuk menghindari kerumunan di pintu masuk. Jika memungkinkan, pengelola menggunakan pastisi atau pembatas di loket pembelian tiket.

Bagi pengunjung, pastikan diri dalam kondisi sehat sebelum melakukan kunjungan ke lokasi daya tarik wisata. Tidak meninggalkan rumah apabila sakit.

"Hindari mengajak anak yang belum bisa mengenakan masker dengan baik dan benar. Hindari mengajak orang yang rentan terhadap penularan COVID-19," pesan dr Reisa.



Simak Video "dr Reisa Ingatkan Bahaya Stigma pada Pasien dan Nakes Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)