Selasa, 23 Jun 2020 20:45 WIB

Sistem Pencernaan Manusia, 11 Organ yang Ikut Mengolah Makanan

Rosmha Widiyani - detikHealth
ilustrasi lambung Foto: ilustrasi/thinkstock/Sistem Pencernaan Manusia, 11 Organ yang Ikut Mengolah Makanan
Jakarta -

Sistem pencernaan manusia melibatkan banyak organ, yang memungkinkan tubuh bisa memanfaatkan asupan yang dikonsumsi. Dikutip dari Web MD, ada 11 organ yang ikut terlibat dalam sistem pengolahan makanan dan minuman.

Kerja atau sistem pencernaan manusia terdiri atas saluran cerna yang disebut juga sebagai gastrointestinal. Saluran cerna tersusun mulai dari mulut hingga anus dengan hati, pankreas, dan empedu yang ikut dalam proses tersebut.

Berikut penjelasan 11 organ dalam sistem pencernaan manusia:

1. Mulut

Mengunyah di mulut mengawali proses pencernaan yang terjadi pada tubuh manusia. Proses mengunyah yang dibantu gigi dan berbagai enzim dalam mulut membantu makanan mudah hancur, sebelum didorong lidah masuk ke sistem pencernaan manusia berikutnya.

2. Tenggorokan

Organ sistem pencernaan manusia selanjutnya adalah tenggorokan atau yang biasa disebut faring. Setelah tenggorokan, makanan kemudian menuju esofagus dan masuk lambung. Saat di tenggorokan, makanan bisa salah masuk ke sistem pernapasan hingga mengakibatkan tersedak.

3. Esofagus

Dari tenggorokan, makanan menuju esofagus yang bentuknya seperti tabung dan memiliki banyak otot. Dengan sistem yang disebut gerakan peristaltik, makanan dari esofagus meluncur ke lambung.

4. Lambung

Organ sistem pencernaan lambung memproduksi banyak enzim dan asam yang membantu pengolahan makanan. Saat keluar dari lambung, wujud makanan menjadi seperti pasta atau cairan yang lebih mudah diserap tubuh.

5. Usus halus

Organ usus halus memiliki tiga bagian yaitu usus dua belas jari (duodenum), jejunum, dan ileum. Duodenum mempunyai tugas utama meneruskan proses pengolahan makanan menggunakan enzim yang berasal dari pankreas dan hati. Sementara tugas utama jejunum dan ileum adalah menyerap nutrisi dalam asupan yang dikonsumsi.

6. Usus besar

Setelah dari usus halus, makanan masuk organ dalam sistem pencernaan manusia berikutnya yaitu usus besar. Di organ ini, air dalam sisa makanan akan diserap sehingga konsistensinya lebih padat sebelum masuk ke rektum dan anus. Sisa makanan biasanya perlu waktu hingga 36 berada di usus besar.

7. Rektum

Organ rektum mirip ruangan yang menghubungkan usus besar dan anus sebelum sisa makanan dikeluarkan. Saat sisa makanan masuk ke rektum, sistem saraf akan mengirim sinyal ke otak untuk mengetahui apakah feses tersebut akan dikeluarkan.

8. Anus

Anus adalah pintu terakhir sebelum feses dikeluarkan dari sistem pencernaan manusia. Organ anus terdiri atas otot yang menjaga feses tidak keluar sebelum saatnya. Otot anus juga mencegah buang air spontan.

Selain delapan organ tersebut, ada tiga organ lain yang ikut berperan dalam sistem pencernaan (https://www.detik.com/tag/sistem-pencernaan) manusia. Ketiga organ tersebut adalah:

1. Hati

Fungsi utama hati adalah membuat dan mengeluarkan zat yang disebut bile (empedu) yang berguna untuk mencerna lemak. Tugas utama lainnya adalah menyaring darah yang keluar dari usus halus, sehingga zat yang bersifat racun tidak perlu ikut beredar ke seluruh tubuh.

2. Pankreas

Pankreas mungkin bisa disebut chief factory enzim pencernaan yang dihasilkan sistem pencernaan manusia. Enzim yang dihasilkan akan dilepaskan ke duodenum untuk mengolah protein, lemak, dan karbohidrat. Duodenum atau usus 12 jari adalah segmen pertama usus halus.

3. Kantong empedu

Organ kantung empedu bertugas menampung kelebihan empedu yang belum diperlukan tubuh. Empedu yang dibuat hati berjalan menuju usus kecil lewat saluran empedu. Jika usus tidak memerlukannya, maka empedu akan bergerak ke kantong empedu. Di organ itulah empedu menunggu sinyal untuk dilepaskan. Fungsi utama empedu adalah menyerap lemak dan membawa limbah dari hati yang tidak bisa diolah ginjal.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)