Rabu, 24 Jun 2020 16:58 WIB

Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Kanan, Apa Penyebabnya?

Lusiana Mustinda - detikHealth
Woman suffering from back ache on the bed, healthcare and problem concept Sakit pinggang kanan atau kiri. Foto: iStock
Jakarta -

Sakit pinggang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Sakit pinggang yang disebabkan karena adanya penyakit ginjal dengan saraf tentu berbeda. Rasa nyeri pada sakit pinggang bisa berada di tempatnya ataupun nyeri kiriman yang sebenarnya terjadi di perut.

Dikutip dalam buku 'Resep Mudah Tetap Sehat' oleh Dr. Hermawan Nadesul, sakit pinggang kiri atau kanan yang sering terjadi karena disebabkan oleh sikap maupun posisi tubuh. Bobot tubuh kita disokong oleh semua ruas tulang belakang, bantalan antar ruas tulang belakang, otot dan jaringan ikat yang menyangganya.

Gangguan pada setiap bagian penyokong tubuh dapat menimbulkan keluhan sakit pinggang. Bisa juga dikarenakan efek samping dari terpeleset, terkilir atau patah ruas tulang belakang.

Berikut beberapa penyebab terjadinya sakit pinggang kiri atau kanan:

1. Masalah otot punggung atau tulang belakang


Dikutip dalam Healthline, menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), 80 persen orang dewasa di Amerika Serikat akan mengalami nyeri pinggang atau punggung bagian bawah pada suatu saat dalam hidup mereka.

Banyak dari rasa sakit itu disebabkan oleh masalah mekanis seperti keketatan otot karena postur yang tidak tepat hingga degenerasi tulang belakang yang menyerap goncangan akibat penuaan atau keausan normal.

2. Stenosis spinal


Stenosis spinal merupakan penyempitan tulang belakang yang menyebabkan saraf tulang belakang tertekan. Tekanan itu dapat membuat tubuh terasa kram dan kebas. Akan tetapi hal ini terjadi tergantung dari saraf mana yang tertekan. Stenosis spinal bisa disebabkan karena tulang yang alami penuaan.

3. Otot tegang


Saat melakukan gerakan yang tak biasa, sakit pinggang sebelah kanan atau kiri dapat terjadi. Jika pergerakan tubuh seseorang yang melibatkan gerakan punggung yang berat, maka otot dan urat di punggung dapat tertarik. Tentunya hal ini bisa menimbulkan tegang otot yang berakibat munculnya rasa sakit dan kaku pada pinggang.

4. Infeksi ginjal


Penyebab sakit pinggang sebelah kanan paling umum adalah dari infeksi ginjal akibat bakteri seperti E coli yang hidup di usus lalu berjalan melalui ureter ke kandung kemih dan ginjal. Gejalanya mirip dengan infeksi saluran kemih lainnya, termasuk: sakit punggung dan perut, rasa terbakar ketika buang air kecil, urin keruh, gelap atau berbau. Kadang juga disertai demam hingga muntah.

5. Radang usus buntu


Sakit pinggang sebelah kanan juga bisa disebabkan karena radang usus buntu. Infeksi ini dapat menyebabkan usus bengkak sehingga dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggang bagian bawah. Nyeri juga bisa menjalar ke punggung hingga selangkangan.



Simak Video "Mengenal 2 Penyebab Penyakit Ginjal Kronis di Hari Ginjal Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)