Rabu, 24 Jun 2020 17:46 WIB

Bayi Kembar Tiga yang Baru Lahir Dinyatakan Positif COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
A little boy puts a medical mask on his face. Bayi kembar tiga di Meksiko terinfeksi virus Corona. (Foto ilustrasi: iStockphoto)
Jakarta -

Bayi kembar tiga yang baru lahir di Meksiko semuanya dinyatakan positif terinfeksi virus Corona COVID-19. Dalam laporan tersebut, para ahli mengatakan kasus ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Kembar tiga yang terdiri dari dua laki-laki dan satu perempuan ini lahir secara prematur pada 17 Juni 2020 lalu, dan dinyatakan positif COVID-19 pada hari yang sama. Dua bayi, laki-laki dan perempuan saat ini dalam kondisi yang stabil dirawat di sebuah rumah sakit di negara bagian San Luis Potosi, Meksiko.

Sementara satu bayi laki-laki lainnya harus dirawat intensif karena mengalami gangguan pernapasan. Terkait kasus ini, para ahli sedang menyelidiki apakah penyakit itu bisa ditularkan melalui plasenta ibu selama kehamilan.

"Mustahil bagi mereka terinfeksi (virus Corona) saat kelahiran," kata Sekretaris Kesehatan Negara, Mónica Liliana Rangel Martínez yang dikutip dari Fox News, Rabu (24/6/2020).

Kedua orang tua bayi yang tidak menunjukkan gejala apapun tengah diuji COVID-19. Menurut Universitas Johns Hopkins, di Meksiko sudah ada 185.122 kasus positif dan 22.584 kematian akibat virus Corona.

Sebelumnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah mengeluarkan pedoman terkait penularan virus pada bayi. CDC mengatakan, bayi yang tertular virus mungkin terjadi karena droplet pernapasan ibu, pengasuh, penjenguk, atau petugas layanan kesehatan yang terinfeksi. Sementara, laporan terkait penularan saat kelahiran masih sangat terbatas.

"Saat ini berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penularan antara ibu dan bayi baru lahir, saat kehamilan, persalinan, dan pada periode postpartum," kata CDC.



Simak Video "Dear Warga Indonesia, Yuk Lakukan 3W Agar Terhindar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)