Kamis, 25 Jun 2020 08:36 WIB

Corona Nyaris Tembus 10 Juta Kasus, WHO Sebut Dunia Hadapi Krisis Oksigen

Firdaus Anwar - detikHealth
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menggantikan Margaret Chan. Tedros sebut dunia berpotensi hadapi krisis oksigen. (Foto: REUTERS/Denis Balibouse)
Jakarta -

Kasus virus Corona COVID-19 terus meningkat dengan cepat, mendekati 10 juta kasus secara global. Data yang dihimpun oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut hingga tanggal 24 Juni sudah ada 9,1 juta kasus COVID-19 yang terkonfirmasi dan setiap harinya bisa bertambah lebih dari 100 ribu kasus.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan beberapa negara mulai menghadapi krisis suplai oksigen. Ini karena semakin banyak kasus COVID-19 maka semakin banyak pasien yang memerlukan bantuan oksigen untuk bisa bertahan hidup.

Menurut Tedros kebutuhan suplai oksigen dunia saat ini meningkat menjadi sekitar 88.000 silinder besar per hari atau setara 620.000 meter kubik oksigen.

"Banyak negara kini kesulitan mendapatkan konsentrator oksigen... Jumlah permintaan saat ini melebihi suplai yang ada," kata Tedros seperti dikutip dari Reuters, Kamis (25/6/2020).

WHO mengaku berupaya mengatasi masalah ini dengan membeli 14.000 konsentrator oksigen dari berbagai produsen yang rencana akan dibagikan ke 120 negara. Sebanyak 170 ribu konsentrator oksigen tambahan akan menyusul secara bertahap dalam jangka waktu enam bulan ke depan.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)