Kamis, 25 Jun 2020 11:00 WIB

Para Ahli Teliti Kemungkinan Air Garam Bisa Atasi Gejala Awal Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
air garam Disebut berpotensi atasi gejala Corona, para ahli teliti air garam. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Penelitian baru menguji air garam yang disebut berpotensi mengobati gejala awal virus Corona COVID-19. Studi baru ini mengacu pada temuan sebelumnya di tahun 2019 di mana berkumur atau membersihkan hidung dengan larutan air garam bisa mengurangi gejala batuk.

Dikutip dari BBC, ilmuwan Universitas Edinburgh akan menguji coba penggunaan larutan air garam untuk mengobati gejala awal virus Corona COVID-19. Para peneliti merekrut orang dewasa di Skotlandia yang memiliki gejala virus Corona COVID-19 atau terkonfirmasi positif Corona.

Nantinya peserta dibagi ke dalam dua kelompok. Di mana kelompok pertama melakukan uji coba larutan air garam untuk menghilangkan gejala awal Corona, sedangkan yang lain melakukan perawatan yang sebelumnya biasa dilakukan.

Para peneliti mengklaim mereka yang melakukan uji coba dengan larutan air garam lebih kecil kemungkinannya untuk menularkan virus Corona COVID-19. Sebab, viral load atau jumlah virus pada kelompok uji coba air garam ini diyakini lebih sedikit.

"Kami sekarang bergerak untuk menguji intervensi air asin kami pada mereka yang diduga atau dikonfirmasi COVID-19, dan berharap itu akan terbukti menjadi langkah yang berguna untuk mengurangi dampak dan penyebaran infeksi," jelas Profesor Aziz Sheikh, direktur university's Usher Institute, dikutip dari The Sun.

"Ini hanya membutuhkan garam, air dan beberapa pemahaman tentang prosedur sehingga seharusnya - jika terbukti efektif, mudah dan murah untuk diterapkan secara luas," lanjut Prof Azis.

Para peserta yang nantinya mengikuti uji coba akan diarahkan untuk tetap melakukan protokol kesehatan lain sesuai anjuran pemerintah. Seperti isolasi diri dan tetap menerapkan jaga jarak.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)