Kamis, 25 Jun 2020 11:17 WIB

Jamur Enoki Disebut Picu Wabah Listeria, Ini Penjelasannya

Firdaus Anwar - detikHealth
3 resep jamur enoki yang enak dan gampang dibuat Jamur enoki yang tercemar bakteri listeria ditemukan pada produk dari Korea Selatan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Jamur enoki jadi perhatian karena beberapa negara melaporkan kaitannya dengan wabah listeria. CNN melaporkan di Amerika Serikat (AS) sudah ada empat orang yang meninggal dan 31 dirawat karena jamur enoki yang diimpor dari salah satu perusahaan Korea Selatan.

Kementerian Pengawas Obat dan Makanan Korea Selatan (MDFS) pada 18 Maret 2020 mengonfirmasi memang ada jejak bakteri Listeria monocytogenes pada produk jamur enoki dari dua perusahaan.


Apa itu jamur enoki?

Dikutip dari Departemen Botani Wisconsin-Madison University, jamur enoki atau Flammulina velutipes biasa tumbuh di batang kayu dari pohon yang mati. Jamur enoki tumbuh di suhu dingin, oleh karena itu kadang dijuluki juga sebagai 'winter mushroom'.

Jamur enoki memiliki bentuk panjang, tipis, dan berwarna putih yang umum dikonsumsi di Asia Timur. Studi yang dipublikasi di jurnal Frontiers in Pharmacology 2016 menyebut senyawa kimia yang dikandung jamur enoki kemungkinan bisa memiliki sifat antikanker.

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), bakteri listeria secara umum bisa mencemari makanan yang dikelola di lingkungan tak highienis. Listeria dapat hidup lama di kulkas dan dengan mudah menyebar ke makanan dan permukaan lainnya.

CDC merekomendasikan agar permukaan yang sering disentuh dan wadah makanan rutin dibersihkan dengan air hangat serta sabun.

CDC juga menyarankan agar orang-orang tidak mengonsumsi jamur enoki yang sudah lewat masa kedaluwarsa.

Pasien yang terinfeksi listeria dapat mengalami berbagai gejala mulai dari sakit kepala, kehilangan keseimbangan, demam, dan nyeri otot. Pada ibu hamil, infeksi listeria bisa menyebabkan keguguran.



Simak Video "Agar Tak Terpapar Bakteri Listeria, Begini Cara Menyimpan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)