Kamis, 25 Jun 2020 11:35 WIB

Kementan RI Musnahkan Jamur Enoki Asal Korsel yang Picu Wabah Listeria di AS

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
enoki Ilustrasi jamur enoki. (Foto: Getty Image)
Jakarta -

Jamur enoki dikaitkan dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) atas wabah listeria yang terjadi di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia karena jamur impor dari salah satu perusahaan asal Korea Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Ketahanan Pangan telah melakukan investigasi produk jamur enoki asal produsen Korea Selatan. Dari hasil pengujian di laboratorium, beberapa produk tidak memenuhi persyaratan edar karena mengandung bakteri L. monocytogenes melewati ambang batas dan memusnahkan produk tersebut.

L. monocytogenes merupakan salah satu bakteri yang dapat membuat makanan menjadi beracun. Listeria yang disebabkan oleh bakteri L. monocytogenes dapat berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah seperti ibu hamil, anak-anak, dan lansia.

"Pemusnahan dilakukan pada tanggal 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 di PT. siklus Mutiara Nusantara, Bekasi, yang dihadiri oleh perwakilan dari pelaku usaha dan BKP, sejumlah 1.633 karton dengan berat 8.165 kg," demikian tulis rilis tersebut seperti yang diterima detikcom, Kamis (25/6/2020).

Kementan juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih cermat dan berhati-hati dalam membeli produk pangan khususnya pangan segar asal tumbuhan serta memilih pangan yang sudah terdaftar dengan nomor PSAT (Pangan Segar Asal Tumbuhan).

"Sampai dengan hari ini di Indonesia belum ditemukan adanya kasus KLB karena kontaminasi bakteri dari jamur enoki tersebut. Hal-hal yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian merupakan langkah pencegahan," pungkasnya.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)