Jumat, 26 Jun 2020 05:33 WIB

Round Up

Heboh Jamur Enoki dari Korsel Picu Wabah Listeria di AS, RI Masih Aman

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Enoki mushrooms closeup Jamur enoki asal Korea Selatan memicu wabah listeria di AS (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Jamur enoki kini jadi perhatian karena dikaitkan dengan wabah listeria di beberapa negara. Menurut laporan CNN, di Amerika Serikat sudah ada empat orang yang meninggal dan 31 dirawat akibat mengonsumsi jamur enoki yang diimpor dari salah satu perusahaan Korea Selatan.

Apa itu jamur enoki?

Jamur ini merupakan tanaman asli China, Jepang, dan Korea. Dikutip dari Departemen Botani Wisconsin-Madison University, umumnya jamur enoki tumbuh di wilayah beriklim dingin dan biasa berada di kayu pohon yang sudah mati.

Bentuknya pun panjang, tipis, berwarna putih dan umum dikonsumsi di Asia Timur. Bahkan, menurut sebuah studi yang telah diterbitkan di jurnal Frontiers in Pharmacology 2016, senyawa kimia yang terkandung dalam jamur enoki kemungkinan bisa memiliki sifat antikanker.

Lengapa jamur enoki disebut jadi pemicu wabah listeria?

Disebutkan bahwa jamur enoki yang diimpor dari salah satu perusahaan Korea Selatan telah terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes, yang merupakan penyebab terjadinya wabah listeria di Amerika Serikat, Kanada dan Australia.

Pada 18 Maret 2020, Kementerian Pengawasan Obat dan Makanan Korea Selatan (MDFS) mengonfirmasi memang ada jejak bakteri listeria monocytogenes pada produk jamur enoki dari dua perusahaan.

Sebenarnya, apa sih listeria itu?

Listeria monocytogenes adalah spesies bakteri patogen penyakit yang biasa ditemukan di lingkungan lembab, seperti tanah, air, vegetasi yang membusuk, dan hewan. Bahkan, bakteri ini bisa hidup di lingkungan bersuhu dingin.

Dikutip dari laman resmi Food and Drug Administration Amerika Serikat (FDA), seseorang yang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri listeria monocytogenes dapat terkena penyakit yang disebut listeria atau listeriosis.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit listeria pun beragam, dari demam, nyeri otot, mual, muntah, hingga diare. Bahkan, penyakit ini bisa menyebabkan kematian pada orang muda, lanjut usia, dan orang dengan imunitas lemah.

Kementan RI memusnahkan jamur enoki asal Korea Selatan

Hasil investigasi yang dilakukan Kepala Badan Ketahanan Pangan terhadap jamur enoki asal produsen Korea Selatan menunjukkan, beberapa produk tidak memenuhi persyaratan edar karena mengandung bakteri listeria monocytogenes yang sudah melewati ambang batas dan memutuskan untuk memusnahkah produk tersebut.

"Pemusnahan dilakukan pada tanggal 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 di PT. siklus Mutiara Nusantara, Bekasi, yang dihadiri oleh perwakilan dari pelaku usaha dan BKP, sejumlah 1.633 karton dengan berat 8.165 kg," demikian tulis rilis tersebut seperti yang diterima detikcom, Kamis (25/6/2020).

Belum ada wabah listeria akibat jamur enoki di Indonesia

Kementerian Pertahanan Pangan RI (Kementan) memastikan belum ada kasus wabah listeria di Indonesia.

"Sampai dengan hari ini di Indonesia belum ditemukan adanya kasus KLB (kejadian luar biasa) karena kontaminasi bakteri dari jamur enoki tersebut," demikian dalam rilis Kementan yang diterima detikcom, Kamis (25/6/2020).



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)