Jumat, 26 Jun 2020 06:33 WIB

4 Makanan Ini Bisa Bikin Gigi Makin Kinclong

Ayunda Septiani - detikHealth
Child having a dental examination Ilustrasi gigi (Foto: Istock)
Jakarta -

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting lho detikers. Bukan hanya rajin menyikat gigi dua kali sehari, tapi beberapa makanan juga diklaim ampuh untuk membuat gigi tetap sehat.

Dengan gigi yang sehat, Anda tak perlu takut merasa ngilu saat mengonsumsi makanan-makanan berisiko seperti es krim atau coklat. Gigi juga berperan penting dalam menjaga penampilan. Senyuman yang memukau akan muncul dari gigi yang sehat dan terjaga.

Dikutip dari Medical Daily, berikut beberapa makanan yang bisa menjaga kesehatan gigi. Simak yuk.

1. Apel

Konsumsi apel sehari disebut dapat menjauhkan Anda dari urusan dengan dokter gigi. Buah-buahan segar seperti apel berperan sebagai sikat gigi alami yang membantu membersihkan plak dan karang gigi.

2. Jeruk

Jeruk dan semua jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti lemon dan nanas juga dapat melindungi gusi dari kerusakan. Vitamin C berperan penting dalam kesehatan gusi. Vitamin C membantu membangun kekebalan tubuh dengan memerangi segala infeksi, termasuk pada gusi.

3. Stroberi

Untuk mendapatkan gigi yang lebih putih, gosokkan buah stroberi pada gigi Anda. Manfaat stroberi untuk gigi didapat karena kandungan asam malat di dalamnya yang merupakan enzim pemutih.

4. Pisang

Pisang menjadi buah yang kaya nutrisi seperti kalium, magnesium, dan mangan. Dengan demikian, konsumsi pisang dapat menjaga kesehatan gigi Anda.

Selain itu, kulit pisang juga diketahui dapat membantu membuat gigi lebih putih dan menangani gigi sensitif. Gosokkan kulit pisang pada gigi setiap hari selama dua pekan untuk mendapatkan gigi putih bersinar.



Simak Video "Tips Bersihkan Makanan Takeaway Agar Aman dari Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)