Jumat, 26 Jun 2020 09:39 WIB

6 Cara Mencegah Jamur Enoki Tak Terpapar Bakteri Listeria

Ayunda Septiani - detikHealth
Enoki mushrooms closeup Cara mencegah jamur enoki terpapar bakteri listeria. (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Jamur enoki jadi perhatian karena beberapa negara melaporkan kaitannya dengan wabah listeria. CNN melaporkan di Amerika Serikat (AS) sudah ada empat orang yang meninggal dan 31 dirawat karena jamur enoki yang diimpor dari salah satu perusahaan Korea Selatan.

Kementerian Pengawas Obat dan Makanan Korea Selatan (MDFS) pada 18 Maret 2020 mengonfirmasi memang ada jejak bakteri listeria monocytogenes pada produk jamur enoki dari dua perusahaan.

Bakteri listeria monocytogenes dapat hidup di lingkungan lembab, tanah, air, vegetasi yang membusuk, dan hewan. Bakteri ini juga dapat bertahan di pendingin udara atau makanan yang diawetkan.

Dikutip dari laman Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, temperatur udara yang tepat menjadi hal yang paling penting untuk pencegahan. Temperatur udara yang tepat dan hindari kebiasaan menyimpan makanan dalam waktu lama bisa menekan risiko infeksi bakteri hingga 50 persen.

1. Jangan menyimpan makan terlalu lama

Membatasi waktu penyimpanan jadi kunci utama pencegahan bakteri, apalagi untuk makanan-makanan beku. Konsumsi makanan beku dengan cepat dan sesuai dengan rekomendasi waktu konsumsi yang tercatat pada kemasan. Semakin lama makanan disimpan dalam kulkas, maka semakin banyak peluang listeria untuk berkembang.

2. Pastikan kulkas tetap bersih

Bersihkan kulkas kamu secara teratur. Bersihkan kulkas dari berbagai tumpahan agar listeria tak memiliki tempat untuk tumbuh dan menyebar ke makanan lain.

Bersihkan dinding kulkas bagian dalam dan rak dengan air panas dan deterjen cair yang ringan. Setelah itu dibilas, kemudian kamu bisa keringkan menggunakan kain bersih.

3. Dinginkan pada suhu yang tepat

Temperatur udara menjadi kunci pencegahan bakteri. Suhu yang tepat bisa memperlambat pertumbuhan bakteri tersebut.

Kamu bisa atur temperatur udara lemari pendingin pada suhu 4 derajat Celcius atau lebih rendah. Sementara freezer kulkas tempatkan pada suhu -18 derajat Celcius.

4. Hindari makanan mentah

Makanan mentah berisiko tinggi terpapar bakteri Listeria monocytogenes. Orang- orang berisiko seperti ibu hamil,orang tua lanjut usia, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah disarankan untuk menghindari konsumsi makanan mentah. Menghindari makanan mentah bisa menjadi salah satu cara mencegah bakteri Listeria.

5. Peralatan masak terpisah

Kamu juga disarankan untuk menggunakan talenan, piring, atau peralatan lainnya secara terpisah untuk produk mentah seperti daging. Hindari menggunakan peralatan yang sama untuk setiap bahan makanan.

6. Cuci tangan dan peralatan masak

Mencuci tangan terbukti ampuh untuk mengusir berbagai patogen yang menempel pada permukaan kulit. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan setelah memegang makanan selama 20 detik.

Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan talenan atau peralatan masak apapun tepat setelah digunakan.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)