Jumat, 26 Jun 2020 11:01 WIB

Telanjur Punya Jamur Enoki di Kulkas, Amankah Dikonsumsi? Yuk Tanya Dokter

Ayunda Septiani - detikHealth
Enoki mushrooms closeup Ilustrasi jamur enoki (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Dikaitkan dengan wabah listeria di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia, jamur enoki kini jadi perhatian banyak orang. Hal ini dikarenakan terdapat bakteri listeria pada jamur enoki yang diimpor dari salah satu perusahaan asal Korea Selatan.

Sebelumnya, bakteri penyebab wabah listeria memang dapat mencemari makanan yang dikelola di lingkungan tak higienis. Bahkan, bakteri ini dapat mudah menyebar ke makanan dan permukaan lainnya.

Nah untuk kalian yang sudah terlanjur stok jamur enoki, masih aman nggak ya untuk dikonsumsi?

Ahli gizi komunitas dr Tan Shot Yen menyebut jamur enoki yang sudah terlanjur disimpan di dalam kulkas bisa dimasak dengan suhu 75 derajat celsius sampai matang.

"Bisa, asal cuci bersih, dan harus terendam semua, dengan suhu 75-100 C. Sampai matang bukan "sak celupan". Karena biasanya jamur enoki kan dipakai buat model masakan shabu-shabu gitu," ujar dr Tan, saat dihubungi detikcom, Jumat (26/6/2020).

dr Tan menyebutkan bahwa pada dasarnya tidak semua makanan harus dimasak sampai matang, karena zat gizi terutama antioksidan yang terkandung di dalamnya akan hilang. Selain memasak dengan benar, dr Tan juga menyarankan untuk cuci tangan dan mencuci bahan makanan dengan seksama.

"Cuci tangan dan cuci bahan makanan, seksama dan benar. Cuma bedanya cuci tangan pakai sabun, cuci sayur dan buah cukup dengan air mengalir, bilas dengan air matang," pungkasnya.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)