Jumat, 26 Jun 2020 11:36 WIB

Kasus-Kasus Kontaminasi Bakteri Listeria yang Hebohkan RI

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Enoki mushroom, Golden needle mushroom on wooden board Selain jamur enoki, beberapa makanan ini juga pernah ditarik di RI karena tercemar Listeria. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sekitar 31 warga AS dirawat di rumah sakit akibat terinfeksi bakteri Listeria yang terdapat dalam jamur enoki. Tak hanya di AS, negara lain seperti Kanada dan Australia juga melaporkan adanya kasus pencemaran bakteri Listeria dari jamur enoki.

Listeria dapat menyebabkan infeksi yang fatal pada anak-anak, bayi, lansia, ibu hamil, dan mereka dengan sistem imun yang lemah. Beberapa makanan bisa tercemar Listeria antara lain daging yang dimasak kurang matang, sayuran mentah, keju, dan susu yang tidak dipasteurisasi.

Selain jamur enoki, beberapa makanan juga pernah ditarik peredarannya di Indonesia karena kasus cemaran bakteri Listeria. Berikut di antaranya.

1. Apel Gala dan Granny Smith

Apel Gala dan Granny Smith asal Amerika Serikat di tahun 2015 diduga terpapar bakteri Listeria. Apel jenis ini juga sering dikonsumsi masyarakat Indonesia sehingga menyebabkan kekhawatiran terlebih setelah ditemukan sedikitnya tiga kasus kematian akibat pencemaran tersebut.

Akibat isu ini, perusahaan asal California, Bidart Bros, yang mengimpor apel sejenis ke luar negeri sampai menarik produk mereka yang beredar di Indonesia. Selanjutnya, Tim Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian (Kementan) mengambil sampel dua jenis apel asal Amerika Serikat (AS) yaitu Granny Smith dan Gala.

Pada tahun tersebut, setelah pengujian, tak ditemukan bakteri Listeria monocytogenes yang di AS sempat ditemukan pada produk apel jenis Granny Smith dan Gala berkaramel.

2. Rock melon

Pada tahun 2018 lalu, sekitar 15 warga Australia terinfeksi bakteri Listeria yang terdapat dalam buah rockmelon dan tiga di antaranya meninggal dunia.

Berdasarkan keterangan tersebut, Kementerian Pertanian kala itu mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Balai Besar atau Stasiun Karantina Pertanian di Indonesia untuk memberlakukan kewaspadaan dan pengawasan terhadap pemasukan buah jenis rockmelon atau cantaloupe yang diimpor dari Australia.

3. Jamur enoki

Baru-baru ini jamur enoki asal Korea Selatan disebut tercemar bakteri Listeria. Bahkan di Amerika Serikat sendiri telah terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) listeria setelah 31 orang terpapar dan 4 orang di antaranya meninggal dunia.

Indonesia yang juga mendapat informasi atas kasus tersebut segera melakukan investigasi dan menemukan beberapa produk jamur enoki yang beredar di pasaran tercemar bakteri Listeria sehingga peredarannya ditarik.

Kementerian Pertahanan Pangan RI (Kementan) memastikan belum ada kasus wabah listeria di Indonesia.

"Sampai dengan hari ini di Indonesia belum ditemukan adanya kasus KLB karena kontaminasi bakteri dari jamur enoki tersebut," demikian dalam rilis Kementan yang diterima detikcom, Kamis (25/6/2020).

baca juga



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)