Jumat, 26 Jun 2020 13:15 WIB

5 Penyakit Penyerta yang Membuat Kondisi Pasien Corona Semakin Buruk

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (26/05) mengatakan bahwa Benua Amerika kini dianggap sebagai pusat baru pandemi virus Corona. 5 penyakit penyerta yang perburuk kondisi pasien COVID-19. (Foto ilustrasi: Getty Images)
Jakarta -

Virus Corona kini semakin menyebar ke banyak negara dan menjangkit jutaan manusia di dunia. Banyak pasien yang harus mendapat perawatan di rumah sakit, bahkan tak jarang virus penyebab COVID-19 ini menyebabkan kematian terutama pada orang lanjut usia.

Tak hanya dari faktor usia, penyakit penyerta juga menyebabkan seseorang rentan terhadap virus Corona. Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), pasien dengan dengan penyakit penyerta yang lebih banyak mendapat perawatan di rumah sakit.

Mengutip dari Fox News, pasien dengan penyakit penyerta ini juga 12 kali lebih mungkin meninggal akibat COVID-19, daripada pasien lain yang tidak memiliki kondisi penyakit seperti itu. Tapi, penyakit penyerta apa saja yang bisa membuat kondisi pasien yang terinfeksi virus Corona semakin buruk?

Ada lima penyakit penyerta tertinggi yang banyak diderita pasien COVID-19, yaitu:

- Hipertensi

- Penyakit kardiovaskular

- Diabetes

- Kegemukan

- Penyakit paru-paru kronis

Menurut direktur medis ICU Rumah Sakit Bryn Mawr di Philadelphia, Clarke Piatt, dokter masih belum sepenuhnya memahami korelasi antara diabetes dan obesitas terhadap COVID-19. Tetapi, penyakit yang lebih umum berkaitan adalah peradangan yang menghambat aliran oksigen karena keberadaan virus tersebut di paru-paru.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)