Jumat, 26 Jun 2020 14:37 WIB

Cara Mudah Ini Bisa Redakan Gangguan Tenggorokan

Inkana Putri - detikHealth
Ilustrasi Sakit Tenggorokan Foto: shutterstock
Jakarta -

Walaupun terkesan sepele, gangguan tenggorokan juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari karena memberikan rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Rasa gatal, menggaruk, atau bahkan membakar tentu sangat mengganggu, terutama jika disertai dengan gejala pilek atau virus lain yang lebih serius. Gangguan tenggorokan tentu dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

Medical Manager Divisi Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma TBK, dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan, gangguan tenggorokan dapat diakibatkan beberapa faktor. Bahkan, beberapa makanan dan minuman juga bisa menyebabkan munculnya gangguan tenggorokan.

"Gangguan tenggorokan dapat terjadi akibat peradangan yang dipicu oleh adanya infeksi, alergi, maupun rangsangan mekanik maupun kimia terhadap mukosa tenggorokan seperti minuman terlalu dingin atau terlalu panas, makanan berminyak, bicara terlalu keras atau terlalu lama," ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.

Saat mengalami gangguan tenggorokan, ada baiknya untuk segera diobati. Pasalnya, tenggorokan sakit yang dibiarkan terus menerus justru dapat memperburuk keadaan. Jika semakin parah, gangguan tenggorokan dapat berdampak terhadap kesehatan organ pernapasan.

"Jika gangguan yang terjadi tidak diatasi dengan baik, maka akan berlanjut semakin berat bahkan dapat mengundang infeksi. Sehingga gangguan yang terjadi meluas tidak hanya di tenggorokan, namun bisa ke organ pernafasan lain bahkan organ tubuh lainnya," jelasnya.

Jika disebabkan oleh bakteri, gangguan tenggorokan umumnya bisa diredakan dengan pemberian obat anti peradangan. Namun, dalam beberapa kasus, Anda dapat menemukan bantuan tanpa segera berlari ke dokter Anda seperti dikutip dari Healthline. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berkumur dengan air garam, minum madu, hingga menghisap permen mint.

"Biasanya untuk mengatasi peradangan diberikan obat-obatan anti peradangan, jika karena alergi diberikan anti alergi, dan antibiotik jika dianggap penyebabnya adalah bakteri," imbuh dr Helmin.

Bagi Anda yang mengalami gangguan tenggorokan ringan, Anda bisa konsumsi permen Woods Los Honey Lemon untuk memberikan sensasi melegakan tenggorokan dan sensasi menyegarkan pernapasan. Kandungan lemon yang kaya akan vitamin C juga dapat membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, permen ini Woods juga mengandung peppermint dan menthol yang alami sehingga bisa bekerja secara sinergis untuk melegakan dan membunuh kuman di tenggorokan.

"Lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan imunitas. Sedangkan mint mengandung bahan dekongestan nasal yang membantu melegakan pernafasan. Kerjasama keduanya dapat membantu meredakan gejala radang tenggorokan," pungkasnya.



Simak Video "Dukungan yang Bisa Dilakukan agar Pasien Corona Tak Takut Stigma"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)