Jumat, 26 Jun 2020 16:26 WIB

Sambut New Normal, Ini 3 Tips Turunkan Kadar Kolesterol

Abu Ubaidillah - detikHealth
kolesterol Foto: shutterstock
Jakarta -

Menyambut new normal, restoran dan tempat hiburan juga tengah mempersiapkan diri untuk kembali dibuka. Meskipun begitu, masyarakat diharapkan tetap memperhatikan kesehatannya masing-masing dengan mengikuti protokol kesehatan COVID-19 dan menerapkan pola hidup sehat.

"Kita memasuki era new normal, di mana masyarakat harus berpikiran positif dan tenang supaya mentalnya sehat dan daya tahan tubuh tetap optimal. Dengan daya tahan tubuh yang tetap terjaga baik, maka tubuh tidak mudah terkena penyakit," ujar Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita baru-baru ini kepada detikcom.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kadar kolesterol. Selama di rumah aja, tentu gaya hidup dan pola makan sudah sangat terjaga, namun bagaimana jika sudah kembali beraktivitas diluar rumah?

Bahayanya jika kadar kolesterol tidak terjaga, maka akan banyak penyakit yang berisiko masuk ke tubuh. Beberapa tips seperti dilansir dari WebMD berikut dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol antara lain sebagai berikut:

1. Sering berolahraga
Berolahraga 2,5 jam sudah cukup untuk meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL). Jenis olahraganya bisa bermacam-macam, maka pilihlah olahrga yang Anda sukai misalnya seperti jogging, bermain bulutangkis, bersepeda, dan sebagainya.

2. Jaga tingkat stres
Ketika stres, kolesterol bisa meningkat secara drastis. Ini juga disebutkan oleh dr Adeline bahwa stres bisa menyebabkan kolesterol jahat (LDL) meningkat secara tidak langsung karena menyebabkan kebiasaan makan yang kurang sehat, sehingga berat badan jadi berlebihan.

3. Konsumsi serat, ikan, dan minyak zaitun
Makanan seperti serat, ikan, dan zaitun merupakan beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Bahkan minyak zaitun dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) hingga 15% yang mirip dengan efek dosis rendah dari obat.

dr Adeline menambahkan, kadar kolesterol yang normal juga berperan meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab kolesterol yang tinggi akan menyebabkan kadar kortisol meningkat sehingga akan membuat antibodi melemah dan menyebabkan aktivitas di era new normal ini tidak bisa dijalani dengan baik.

"Oleh karena itu, untuk menjaga agar imunitas tubuh tetap optimal dalam erna new normal ini, perhatikan asupan nutrisi harian dengan gizi seimbang, karbohidrat, protein, sayuran, dan buah-buahan serta sumber lemak baik," sambung dr Adeline.

Selain dengan beberapa tips tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi Nutrive Benecol untuk menurunkan kadar kolesterol, susu dengan sari buah yang mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis efektif menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga kondisi tubuh tetap optimal dalam menjalani aktivitas harian Anda.

Nutrive Benecol dapat dikonsumsi oleh Anda yang ingin menurunkan kolesterol maupun yang ingin menjaga kadar kolesterol agar tetap dalam kondisi baik.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)