Jumat, 26 Jun 2020 19:30 WIB

Benarkah Minum Susu di Malam Hari Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Nervous woman suffering from insomnia and lying in bed late at night, she is awake and restless, top view Minum susu di malam hari dipercaya bisa bikin tidur lebih nyenyak. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Susu merupakan minuman bergizi yang mengandung kalsium, protein, fosfor, dan kalium. Bahkan susu dianggap bisa membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Sebagian orang yang mengalami masalah tidur juga seringkali mengkonsumsi susu. Hal ini dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kadar stres. Benarkah?

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia, hasilnya menunjukkan bahwa semua produk susu, seperti keju, memiliki efek positif pada pola tidur. Orang yang mengkonsumsi susu di malam hari bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Mengutip Times of India, sesuai penelitian yang pernah dilakukan, susu mengandung dua senyawa penting yaitu triptofan dan melatonin yang berfungsi untuk membantu tidur.

Triptofan membantu dalam memproduksi neurotransmitter yang disebut serotonin, yang berfungsi untuk meningkatkan mood dan menenangkan pikiran. Sementara melatonin, membantu untuk mengendalikan ritme sirkadian dan mempersiapkan tubuh untuk tidur.

Namun, minum susu di malam hari juga dikaitkan dengan penambahan berat badan. Bahkan minum susu juga bisa memperburuk kondisi orang yang mengalami sembelit.

Meski begitu, susu dianggap sebagai asupan sehat yang kaya akan nutrisi untuk tubuh. Sebaiknya konsumsi susu dipertimbangkan pada waktu-waktu tertentu, misalnya pagi atau sore hari.



Simak Video "Manfaat Susu dan Telur untuk Tingkatkan Imunitas"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)