Sabtu, 27 Jun 2020 13:06 WIB

Daftar Cek Kesehatan yang Harus Dilakukan Sebelum Aktivitas New Normal

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Cek Kesehatan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tak banyak yang bisa dilakukan saat kondisi pandemi dan semua orang diimbau melakukan aktivitas di rumah saja. Dalam bekerja, misalnya, hampir setiap orang pasti hanya duduk menatap layar komputer atau laptop seharian.

Tubuh tak banyak bergerak, makan pun bergantung pada stok yang ada. Tak jarang mie instan atau fast food menjadi konsumsi makanan harian jika tak sempat memasak karena pekerjaan yang menumpuk dan bertambah banyak.

Setelah 3 bulan merasakan work from home (WFH) akhirnya Indonesia memasuki era transisi menuju new normal. Bahkan kini beberapa perusahaan pun mulai menerapkan work form office (WFO) kepada para karyawannya.

Tubuh harus beradaptasi lagi dengan kondisi baru ini. Kamu juga harus memastikan kondisi tubuh sehat dan prima untuk menghadapi era New Normal. Sebab, di era ini seluruh aktivitas sehari-hari akan kembali normal dan kita dituntut untuk hidup berdampingan dengan ancaman virus yang tak kunjung usai.

Melansir Web MD dan beberapa sumber lain, berikut 3 tes kesehatan yang perlu kamu lakukan untuk memastikan kesehatan tubuh untuk memulai aktivitas baru di era New Normal.

Cek Gula Darah

Kadar gula darah perlu dicek untuk mengurangi risiko penyakit yang berbahaya, seperti diabetes, stroke, hingga jantung. Terlebih selama WFH kamu mungkin saja tidak memperhatikan asupan makanan yang kamu makan karena merasa aman di rumah saja.

Pemeriksaan gula darah sebaiknya kamu lakukan rutin, terlebih buat kamu yang memiliki faktor risiko diabetes. Kamu bisa memeriksakan diri di klinik atau di rumah menggunakan alat-alat yang banyak dijual di toko kesehatan atau apotek.

Cek Tekanan Darah

Situasi yang serba tidak pasti memicu emosi dan stres. Kondisi stres yang berlebihan bisa memicu tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah tinggi bisa berisiko stroke dan jantung. Oleh karena itu, sebelum kamu kembali ke kehidupan normal baru, sebaiknya cek dulu tekanan darahmu dan hindari stres berlebihan.

Cek Kolesterol

Cek kadar kolesterol bisa dilakukan dengan tes darah baik di laboratorium maupun di rumah dengan alat yang bisa dibeli sendiri. Berbicara tentang kolesterol, ada 3 jenis kolesterol di dalam tubuh, yakni kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL) dan trigliserida.

Hal yang perlu diwaspadai yaitu kadar kolesterol jahat yang terlampau tinggi. Hal itu bisa terjadi karena makanan, pola hidup tidak sehat, hingga kurang berolahraga. Kolesterol bisa menjadi risiko munculnya penyakit jantung koroner.

Oleh karena itu penting kiranya melakukan cek kolesterol dan menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil. Cara bisa dengan makan buah dan sayur yang kaya serat dan juga berolahraga secara rutin setiap harinya.

Selain dengan buah-buahan dan olahraga kamu juga bisa bantu menurunkan kadar kolesterol secara alami dengan Nestlé ACTICOR.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu. Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak.

Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh. Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestlé ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestlé ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Yuk, minum Nestlé ACTICOR setiap hari!

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.

(prf/mpr)