Sabtu, 27 Jun 2020 14:00 WIB

Terpopuler Sepekan: Izin Mancing Pasien Corona di Klaten

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kolam lele di RSD Bagas Waras, Klaten Kolam lele RSD Bagas Waras, Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikHealth)
Jakarta -

Sistem imun yang baik jadi salah satu kunci agar pasien Corona bisa pulih dengan cepat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas, salah satunya dengan mengusir stres.

RSD Bagas Waras, Klaten, punya cara unik untuk mempercepat penyembuhan pasien COVID-19. Pasien yang menjalani isolasi diajak untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti senam, berjemur, sampai memancing.

Ada seorang pasien virus Corona yang tak kunjung sembuh meski sudah dirawat selama 68 hari. Pasien itu bahkan diizinkan memancing dengan harapan bisa meningkatkan imunitas.

"Sudah 68 hari dan kayaknya 8 kali uji swab. Hasilnya masih positif terus," ujar Dirut RSD Bagas Waras Klaten, dr Limawan Budi Wibowo.

Seminggu dua kali pasien diajak senam dan terakhir memancing sebagai pelepas penat. Selain itu RSD Bagas Waras, Klaten, juga menyediakan fasilitas kolam budidaya ikan lele yang bisa dimanfaatkan.

Limawan mengatakan memancing lele hanya salah satu upaya untuk memulihkan imunitas pasien. Sebelum memancing pasien diajak senam.

"Kita punya pelatih senam asma. Jadi diajak senam dan terakhir mancing bersama di kolam belakang RSD," lanjut Limawan.



Simak Video "LIPI Umumkan Hasil Uji Klinis Jamur Cordyceps di RS Darurat Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)