Minggu, 28 Jun 2020 16:25 WIB

Masih Ingin Ikut CFD? Ini 5 Protokol Olahraga di Luar Rumah dari dr Reisa

Firdaus Anwar - detikHealth
Pemprov DKI menggelar car free day di jalan layang non-tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan, Minggu (28/6). Warga pun tampak antusias berolahraga di jalan layang tersebut. CFD di DKI Jakarta disebar ke 32 titik. (Foto: Antara Foto/Galih Pradipta)
Jakarta -

Pelaksanaan hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di DKI Jakarta pada Minggu (28/6/2020), mengundang warga untuk berolahraga di luar rumah. Anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, mengingatkan protokol kesehatan yang harus diterapkan agar terhindar dari COVID-19.

"Dalam kondisi adaptasi kebiasaan baru, olahraga yang dilakukan bersama dan menggunakan sarana umum akan mulai meningkat lagi. Silahkan saja olahraga di tempat umum, namun perhatikan lima hal berikut ini," kata dr Reisa dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Minggu (28/6/2020).

1. Diam di tempat

Bentuk olahraga terbaik yang bisa dilakukan di tempat umum adalah jenis olahraga yang tidak berpindah-pindah atau dilakukan sejajar dengan orang lain. Alasannya karena ini akan memudahkan seseorang menjaga jarak sehingga meminimalisir kemungkinan tertular COVID-19 dari orang lain.

2. Jaga jarak jalan kaki

Untuk olahraga jalan kaki, dr Reisa menyarankan agar menjaga jarak minimal lima meter dari orang lain yang berada di depan.

3. Jaga jarak lari

"Sedangkan untuk yang berlari sebaiknya berjarak kurang lebih 10 meter dengan orang di depannya," kata dr Reisa.

4. Jaga jarak gowes sepeda

Bagi yang bersepeda maka jarak yang harus dijaga tambah jauh menjadi kurang lebih 20 meter dari orang di depan.

5. Mandi dan disinfeksi alat usai olahraga

Setelah selesai olahraga jangan lupa menerapkan protokol pulang, yaitu tidak menyentuh benda apapun dan berinteraksi dengan keluarga sebelum mandi dan ganti pakaian bersih.

dr Reisa juga mengingatkan agar lakukan disinfeksi pada alat-alat yang dibawa saat berolahraga di tempat umum.



Simak Video "Protokol Kesehatan untuk WNI/WNA Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)