Selasa, 30 Jun 2020 08:31 WIB

China Izinkan Penggunaan Vaksin untuk Militer Meski Uji Coba Belum Rampung

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jika Vaksin Covid-19 Tak Juga Ditemukan China izinkan penggunaan vaksin untuk militer meski belum rampung. (Foto: detik)
Jakarta -

China telah menyetujui penggunaan vaksin eksperimental potensial yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi China bekerjasama dengan People's Liberation Army untuk angkatan bersenjata militer.

Vaksin yang diberikan tersebut berjenis Ad5-nCoV, dikembangkan bersama oleh tim di Akademi Ilmu Kedokteran Militer dipimpin oleh Mayor Jenderal Chen Wei, dan perusahaan CanSino Biologics yang berbasis di Tianjin.

Ini adalah pertama kalinya kandidat vaksin COVID-19 diizinkan penggunaannya untuk manusia, dalam hal ini kelompok militer. Dikutip dari South China Morning Post, CanSino Biologics pada Senin (29/6) mengatakan bahwa kandidat vaksin tersebut telah memperlihatkan hasil uji yang aman dan ada respon imun yang cukup kuat terhadap antigen.

Meski Ad5-nCoVu belum memulai uji coba fase tiga, yang akan mengkonfirmasi apakah itu dapat melindungi penerima dari infeksi, militer telah menyetujui penggunaannya selama setahun tetapi belum diizinkan untuk tujuan sipil.

Pihak CanSino mengatakan mereka telah menyelesaikan uji coba fase dua pada 11 Juni, tetapi perusahaan belum merilis data dari penelitian. Data dari fase pertama yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet pada bulan Mei menunjukkan bahwa Ad5-nCoV adalah kandidat potensial untuk penyelidikan lebih lanjut.

Tiga kandidat vaksin Corona buatan China lainnya telah menyelesaikan uji coba fase dua, dengan hasil yang menjanjikan, menurut pengembang mereka, tetapi tidak ada data yang telah dirilis. Banyak kandidat China sedang merencanakan uji coba fase tiga di negara lain karena penyebaran virus corona di sana dinilai terlalu terbatas untuk menguji kemanjuran vaksin.

Pejabat China sebelumnya mengatakan bahwa beberapa kandidat dapat disetujui penggunaannya untuk darurat pada awal September, yang berarti potensi vaksin dapat diberikan kepada orang-orang yang berisiko tinggi lebih awal terhadap penyakit ini.



Simak Video "Mengenal Ad5-nCov, Vaksin Corona untuk Antibodi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)