Selasa, 30 Jun 2020 10:38 WIB

Jangan Sepelekan! Ini Pentingnya Serat untuk Pencernaan Anda

Inkana Putri - detikHealth
Serat Pangan Foto: shutterstock
Jakarta -

Diet serat menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat menguntungkan pencernaan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Seperti dikutip dari Healthline, serat makanan merupakan karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Serat berfungsi dalam meningkatkan berat dan ukuran dari feses karena dapat menyerap air dan membuatnya lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan melalui anus.

Feses yang keras bisa menjadi tanda bahwa Anda kurang mengonsumsi makanan berserat. Diet kaya akan serat ini banyak terdapat di buah, sayur, makanan fermentasi. Itulah mengapa mengonsumsi serat sangatlah penting untuk kesehatan pencernaan. Meskipun begitu, masyarakat Indonesia nampaknya masih banyak yang belum paham akan pentingnya mengonsumsi serat.

"9 dari 10 penduduk Indonesia hanya mengkonsumsi serat 7gr per hari dari kebutuhan sekitar 30 gr per hari serat makanan dari sayur dan buah-buahan," ujar Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita kepada detikHealth baru-baru ini.

Padahal, serat sangatlah penting untuk membantu kerja sistem pencernaan. Bahkan, dr Adeline menambahkan, serat juga dapat mengikat kolesterol dan asam empedu sehingga berpengaruh pada sirkulasi enterohepatik kolesterol.

Dalam usus besar, serat dapat dimetabolisme oleh bakteri kolon dan dapat menghasilkan asam lemak rantai pendek yang dapat menghambat mobilisasi asam lemak dan mengurangi glukoneogenesis.

"Banyak sekali manfaat serat untuk tubuh kita, oleh karena itu kita harus memperbanyak mengkonsumsi serat yang juga akan membantu tubuh dalam menyerap kolesterol jahat dan menyerap racun yang terdapat dalam makanan," jelasnya.

Dalam memenuhi kebutuhan serat harian, Anda dapat menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan seperti sayuran, buah, umbi-umbian, serta kacang-kacangan. Anda juga bisa mulai dengan cara menambah porsi sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan serat agar saluran pencernaan manusia bekerja lebih optimal.

Agar lebih praktis, Anda bisa konsumsi Nutrive Fibershot berupa serat 5 gr yang diformulasikan mengandung 16 ekstrak buah dan sayur serta rendah gula 8 gr. Dengan konsumsi 2 botol Nutrive FiberShot dapat membantu kita dalam pemenuhan kebutuhan serat hingga 10 gr sehingga dapat membantu menjaga fungsi pencernaan tubuh.



Simak Video "Mau Makan Banyak Tapi Tetap Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)