Selasa, 30 Jun 2020 12:00 WIB

4 Kebiasaan Sehat yang Bisa Bikin Awet Muda Seperti Vera Wang

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Vera Wang Vera Wang tampak awet muda meski sudah berusia 71 tahun. (Foto: Instagram/@verawanggang)
Jakarta -

Desainer asal Amerika Serikat, Vera Wang, membuat heboh jagat maya. Di usianya yang telah mencapai 71 tahun, Vera Wang justru masih terlihat seperti wanita berusia 30-an.

Selain tubuhnya yang masih ramping dan bugar, tak nampak sedikit pun ada kerutan atau keriput di wajahnya. Vera Wang mengaku, ia rutin menjalani gaya hidup sehat, seperti mengatur asupan gizi, berolahraga, dan menjaga kesehatan mental.

Menurut ahli gizi holistik, Meghan Telpner, penuaan kerap kali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Karena itu, berikut adalah 4 kebiasaan-kebiasaan yang bisa kamu coba agar bisa awet muda seperti Vera Wang, dikutip dari Best Health.

1. Tidur cukup

"Tidur adalah waktu tubuh untuk beristirahat dan melakukan perbaikan," kata Telpner.

Telpner menyarankan tidurlah setidaknya delapan jam dalam sehari. Sebab, kurang tidur akan membuatmu mudah terserang penyakit dan mengalami stres.

"Tanpa tidur yang cukup, daya tahan tubuh kita akan menjadi lemah," ujarnya.

2. Aktif bergerak

Rutin melakukan olahraga ringan akan jauh lebih baik, daripada olahraga berat, tapi jarang dilakukan.

"Olahraga intensitas sedang jauh lebih baik untuk jangka panjang," ucap Telpner.

3. Terhidrasi

Telpner menegaskan, penting bagi kita untuk menjaga asupan cairan ke dalam tubuh. Sebab, dehidrasi bisa membuat seseorang mengalami penuaan. Karena itu, minumlah delapan gelas air putih dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

"Ketika dehidrasi, kita sebenarnya terlihat jadi lebih keriput," katanya.

4. Konsumsi makanan kaya antioksidan

"Jika penuaan disebabkan karena adanya sirkulasi radikal bebas di tubuh kita, maka mereka dapat dilawan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi," jelas Telpner.

Menurut Telpner, ada beberapa makanan yang mengandung tinggi antioksidan, seperti buah-buahan (buah beri), kacang-kacangan (kacang kenari dan biji labu), rempah-rempah (kunyit, kayu manis, dan daun oregano), dan sayuran.



Simak Video "Kenalan Lebih Dekat dengan Fisioterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)