Rabu, 01 Jul 2020 09:01 WIB

Catat Aktivitas Risiko Terendah hingga Tertinggi Penularan Virus Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
10 Juta Orang di Dunia Tertular Virus Corona, Bisa Capai 20 Juta di September Beberapa aktivitas di luar rumah rentan penularan Corona. (Foto ilustrasi: ABC Australia)
Jakarta -

Sebagian besar orang sudah kembali ke aktivitas harian mereka setelah diterapkan new normal. Namun faktor yang paling penting untuk menghindari terjadinya kasus penularan virus Corona COVID-19 di masa pandemi ini adalah mengenal aktivitas harian dengan masing-masing risiko penularannya.

"Kita semua bosan tinggal di rumah. Tapi pandemi belum berakhir, dan penting untuk mengenali itu," kata Jay Butler, wakil direktur penyakit menular di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dikutip dari Medical Daily.

Ketika restoran, salon, serta kantor dibuka kembali, ada baiknya untuk mengingat bahwa beberapa kegiatan masih jauh lebih berisiko dalam penularan virus corona COVID-19 dari satu orang ke orang lainnya.

Praktik cuci tangan yang baik, terutama sebelum makan atau menyentuh wajah, menjaga jarak dari orang lain, dan memakai masker di tempat umum, adalah protokol yang harus terus dipertahankan.

Agar kita dapat melindungi diri dari penularan virus Corona, ketahui beberapa kegiatan harian yang memiliki risiko penularan dari terendah hingga tertinggi.

1. Risiko rendah

- Berjalan atau bersepeda, dapat dilakukan bersama teman, tetapi tetap ikuti protokol kesehatan seperti, tetap jaga jarak minimal satu meter dan selalu pakai masker.

2. Risiko rendah-sedang

- Piknik dengan teman
- Pergi ke pantai
- Berenang di kolam berenang umum

3. Risiko sedang

- Bermain dengan anak di taman umum
- Pergi ke salon

4. Risiko sedang-tinggi

- Mengunjungi lansia yang rentan tertular
- Nongkrong di kafe dan kelab malam
- Pergi ke tempat gym
- Menginap di hotel

5. Risiko tinggi

- Pesta besar di dalam ruangan
- Pertemuan akbar dan kerumunan besar.



Simak Video "Sejumlah Negara Diminta WHO Kembali Lockdown"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)