Kamis, 02 Jul 2020 11:16 WIB

Mau Tetap Lincah Saat Masuk Usia 40-an? Yuk Mulai Latihan Fisik!

Inkana Putri - detikHealth
Kalbe Foto: shutterstock
Jakarta -

Memasuki usia 40 tahun, badan tentu sudah mulai terasa beda tidak seperti waktu dulu lagi. Berbagai keluhan seperti mudah lelah, cepat pegal, hingga kaku pada tulang dan sendi sering sekali dialami.

Masalah tulang dan sendi memang kerap muncul memasuki usia 40 tahun. Hal ini diakibatkan oleh adanya penurunan massa otot.

"Penurunan massa otot dan kekuatan otot terkait dengan penuaan terutama terjadi pada orang yang tidak aktif secara fisik disertai kurangnya asupan nutrisi yang dapat mempertahankan massa otot. Orang yang tidak aktif bergerak dapat kehilangan massa otot sebanyak 3-5% setiap 10 tahun setelah usia 30 tahun," ujar Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita kepada detikHealth baru-baru ini.

Oleh karena itu, melakukan aktivitas fisik tetap diperlukan agar badan tetap bugar dan sehat di usia 40-an. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa latihan fisik selama memasuki usia paruh baya menjauhkan sejumlah penyakit mematikan seperti kanker hingga gangguan kesehatan akibat penurunan kemampuan kognitif lainnya di masa depan.

Saat melakukan aktivitas fisik, pastikan aktivitas tersebut sesuai dengan Anda. Lebih lanjut, dr Adeline mengatakan, World Health Organization (WHO) menyarankan lansia untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang selama 150 menit selama satu minggu. Aktivitas yang baik untuk dilakukan adalah jogging, yoga, senam lansia ataupun bersepeda.

"Penuaan memang tak bisa dihindari, namun dapat diperlambat dengan berolahraga secara rutin. Pilih olahraga yang sesuai dengan usia dan kemampuan serta pastikan asupan nutrisi yang baik," tambahnya.

Selain itu, saat memasuki usia 40-an, Anda juga perlu memperhatikan nutrisi untuk kekuatan tulang dan massa otot agar tetap dapat bergerak aktif. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi asupan kalsium agar tulang tetap kuat menopang tubuh untuk beraktivitas.

"Untuk meminimalisir proses degeneratif khususnya untuk sendi dan tulang, penuhi kebutuhan kalsium untuk memperkuat tulang sejak dini, menjaga postur tubuh, serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin D juga magnesium untuk penyerapan kalsium," imbuhnya.

Untuk membantu pemenuhan nutrisi harian, Anda juga bisa mengonsumsi Entrasol Gold, susu tinggi kalsium yang dilengkapi ekstrak buah zaitun, Omega 3 dan Omega 6. Entrasol Gold juga dilengkapi dengan serat, tinggi vitamin C, D, E, serta mineral dapat membantu Anda tetap aktif seiring bertambahnya usia.



Simak Video "Cara Ilmuwan Deteksi Kerumunan Masyarakat Saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)