Kamis, 02 Jul 2020 18:01 WIB

Pegawai Starbucks Ngintip, Ini Dampak Kejiwaan yang Bisa Dialami Korban

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pelecehan di kafe dengan mengintip CCTV Pegawai Starbucks ngintip pelanggan. (Foto: Twitter)
Jakarta -

Viral video pegawai Starbucks di media sosial ketahuan sedang mengintip payudara pelanggan lewat CCTV. Pihak Starbucks Indonesia mengaku telah melakukan investigasi dan memecat karyawan terkait.

"Perilaku tersebut tidak dapat kami toleransi dan individu yang bersangkutan sudah tidak bekerja lagi bersama PT Sari Coffee Indonesia," kata Senior General Manager Corporate PR and Communications PT Sari Coffee Indonesia, Andrea Siahaan, kepada detikcom, Kamis (2/7/2020).

Terkait kasus viral video pegawai Starbucks tersebut, Nuzulia Rahma Tristinarum psikolog klinis dari Pro Help Center sekaligus penulis menilai kasus ini termasuk pelecehan. Rahma menjelaskan ada beberapa dampak psikologis yang bisa terjadi pada korban terkait kasus tersebut termasuk trauma dan munculnya rasa tidak berharga.

"Bagi korban, tindakan ini dapat dikategorikan sebagai pelecehan. Pelecehan dapat menimbulkan trauma di kemudian hari," jelas Rahma saat dihubungi detikcom, Kamis (2/7/2020).

"Bentuk gangguannya bisa bermacam macam. Bisa dalam bentuk pikiran yang selalu muncul, mimpi buruk, perasaan tidak berharga dan lainnya. Bentuknya bisa berbeda beda antara orang yang satu dan lainnya," lanjut Rahma.

Jika kondisi tersebut selalu timbul dan mengganggu aktivitas sehari-hari, Rahma mewajibkan untuk segera mengunjungi ahli. Terlebih jika kondisinya terus berlarut lebih dari satu bulan.

"Jika dalam waktu lebih dari 1 bulan, korban masih merasa terganggu dengan adanya pengalaman tersebut, sebaiknya konsultasi dengan ahlinya, misalnya psikolog, agar dibantu penanganannya," pungkasnya.



Simak Video "Heboh Pegawai Starbucks Indonesia, Apa Penyebab Pria Suka Ngintip?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)