Jumat, 03 Jul 2020 07:52 WIB

WHO: Risiko Penularan Corona dari Hewan Peliharaan ke Manusia Sangat Kecil

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
mana saja hewan yang terinfeksi Corona? Risiko rendah penularaan virus Corona dari hewan ke manusia. (Foto ilustrasi: AFP)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut sangat kecil kemungkinan hewan peliharaan menularkan COVID-19 ke pemiliknya. Soumya Swaminathan, kepala ilmuwan WHO, meski telah ada beberapa hewan seperti kucing, musang, dan harimau yang terinfeksi virus Corona, kecil kemungkinan mereka menularkan pada manusia.

"Ada resiko yang sangat kecil dari hewan peliharaan, karena ada beberapa kekhawatiran tentang hewan peliharaan yang menjadi sumber infeksi," katanya dikutip dari Reuters.

Beberapa waktu lalu beredar kabar mengenai hewan peliharaan yang terinfeksi COVID-19. Gejala virus Corona di hewan pun hampir mirip dengan manusia seperti demam dan kesulitan bernapas.

Banyak masyarakat kemudian khawatir akan penularan virus Corona dari hewan peliharaannya. Namun pakar infeksi sepakat bahwa risiko penularan dari manusia ke hewan khususnya kucing cukup dikatakan cukup rendah.

Meski demikian pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) mengimbau agar hewan peliharaan juga tetap mengikuti aturan social distancing atau jaga jarak. Dalam arti, hewan peliharaan juga dibatasi interaksinya dengan orang atau hewan lain di luar rumah.

"Perlakukan hewan peliharaan seperti yang Anda lakukan pada anggota keluarga lainnya, jangan biarkan hewan peliharaan berinteraksi dengan orang atau hewan lain di luar rumah," tulis CDC.

Otomotif


Simak Video "WHO Tak Henti Keluarkan Peringatan soal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)