Jumat, 03 Jul 2020 19:01 WIB

Dongkrak Pariwisata Medis, Menkes Ingin RSUD Solo Jadi Pusat Terapi Tradisonal

Bayu Ardi Isnanto - detikHealth
RSUD Bung Karno Solo Menkes ingin RSUD Bung Karno Solo jadi pusat terapi tradisional. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

RSUD Bung Karno Solo diproyeksikan menjadi pusat pengobatan tradisional. Hal tersebut merupakan wacana Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto bersama Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Terawan menilai pengobatan tradisional merupakan kearifan budaya Indonesia yang khas. Dia yakin pengobatan tradisional bisa mendunia dan bisa mendongkrak pariwisata.

"Kita bicara bahwa pengobatan tradisional ini merupakan kearifan lokal, ini harus ditonjolkan. Dan itu sebenarnya bisa mendunia, dan pengobatan tradisional ini bisa menjadi medical tourism," kata Terawan saat meninjau RSUD Bung Karno, Jumat (3/7/2020).

Terawan mengatakan pemerintah tak hanya melayani pengobatan, namun riset tentang obat tradisional juga bakal terus berjalan.

"Siapa tahu dari riset-riset tradisional ini bisa juga untuk penanganan COVID-19 dan sebagainya. Di situlah kita mau memodernisir pengobatan tradisoional ini menjadi sebuah ikon yang baik," kata dia.

Tak jauh dari Solo, Kemenkes telah memiliki Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) di Tawangmangu, Karanganyar. RSUD bakal bekerja sama dalam pengembangannya.

FX Hadi Rudyatmo mengatakan Kemenkes akan membantu dalam pendampingan hingga sumber daya manusia (SDM) yang ahli dalam bidang obat tradisional. Jika telah beroperasi, diharapkan pengobatan tradisional nantinya bukan lagi sebagai pengobatan alternatif.

"Jadi nanti dibalik, pengobatan modern akan membackup pengobatan tradisional. Kalau sekarang kan pengobatan modern dibackup tradisional," kata Rudy.

Setelah kunjungan ke RSUD Bung Karno, Terawan dan Rudy langsung menengok B2P2TOOT di Tawangmangu.



Simak Video "Sering Dipertanyakan, Ini Lho Mandat Jokowi untuk Terawan Atasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)