Sabtu, 04 Jul 2020 18:00 WIB

Terpopuler Sepekan: Aksi Ngintip Pegawai Starbucks, Kelainan atau Mesum?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Komentar Netizen Atas Kasus Pelecehan Seksual di Starbucks Pegawai Starbucks ngintip payudara pelanggan wanita. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Beberapa hari kemarin sempat ramai diperbincangkan di media sosial, video kelakuan seorang pegawai kafe Starbucks yang sedang mengintip payudara pelanggan wanita melalui CCTV. Pihak Starbucks Indonesia pun telah memberikan tindakan tegas kepada mantan karyawannya tersebut.

"Perilaku tersebut tidak dapat kami toleransi dan individu yang bersangkutan sudah tidak bekerja lagi bersama PT Sari Coffee Indonesia," kata Senior General Manager Corporate PR and Communications PT Sari Coffee Indonesia, Andrea Siahaan, kepada detikcom, Kamis (2/7/2020).

Aksi pengintipan yang dilakukan pegawai tersebut pun menuai kecaman dari para netizen. Sebagian menyebutnya sebagai bentuk pelecehan seksual.

Apakah pria yang suka mengintip itu menandakan punya kelainan seksual?

Menurut psikolog klinis Kasandra Putranto dari Kasandra & Associate, perlu adanya tindakan lebih lanjut untuk memastikan apakah seseorang pria mengintip karena kelainan seksual. Sebab, kemungkinan ada faktor lain yang berperan sehingga mendorong dirinya untuk mengintip.

"Harus ada pemeriksaan. Banyak alasan (pria suka mengintip)," kata Kasandra pada detikcom, Kamis (2/7/2020).

Sementara itu, psikolog forensik Reza Indragiri Amriel menjelaskan bahwa perilaku mengintip bisa disebut voyeurisme bila dilakukan bukan pada takaran biasa. Contohnya, ketika seseorang hanya bisa terangsang jika mengintip orang lain, itu baru bisa disebut voyeurisme.

"Jadi bedakan antara mengintip sebagai filia dan mengintip sebagai hasil kalkulasi terhadap kesempatan serta risiko," ujar Reza dalam wawancara terpisah, Kamis (2/7/2020).

Lantas apa batasan suatu perilaku bisa dikategorikan sebagai perbuatan mesum?

"Akan menjadi kemesuman tergantung pada sikap korban. Kalau korban tidak berkenan, maka perilaku mengintip sudah bisa dianggap sebagai serangan seksual. Umum menyebutnya 'perbuatan mesum'," jelas Reza.



Simak Video "Heboh Pegawai Starbucks Indonesia, Apa Penyebab Pria Suka Ngintip?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)