Minggu, 05 Jul 2020 07:45 WIB

Terjawab! Ini Sebabnya BAB Pria Lebih Lama dibanding Wanita

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling. Kenapa pria BAB lebih lama? (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Sering dibikin jengkel para suami karena berlama-lama BAB (buang air besar) di kamar mandi? Riset mengungkap, kebanyakan pria memang menghabiskan waktu lebih lama saat BAB.

Fakta ini bertolak belakang dengan berbagai penelitian sebelumnya, bahwa wanita lebih sering mengalami masalah pencernaan yang membuat mereka susah BAB.

Sebuah penelitian tahun 2009 di jurnal Gender Medicine mengungkap, wanita lebih sering mengalami konstipasi dibanding pria. Seharusnya, rata-rat waktu yang dibutuhkan wanita untuk BAB lebih lama dibanding pria.

Demikian juga, hasil penelitian di jurnal Gut menyimpulkan bahwa masalah BAB lebih banyak dialami wanita. Penelitian ini dilakukan pada 1.900 pria dan wanita untuk mengungkap hubungan jenis kelamin dengan kebiasaan BAB.

Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan peralatan kamar mandi di Inggris mengungkap bahwa pria justru menghabiskan waktu lebih lama di kamar mandi. Pria menghabiskan rata-rata 1 jam 35 menit untuk BAB dalam sepekan, sedangkan wanita hanya 55 menit sepekan.

Lalu apa yang membuat pria BAB lebih lama?

Dikutip dari Livescience, pria cenderung BAB sambil melakukan hal lain di kamar mandi. Penelitian menunjukkan 86 pria BAB sambil membaca, sedangkan pada wanita angkanya hanya 27 persen.

Penelitian lain di jurnal Neurogastroenterology and Motility mengungkap 64 persen pria dan hanya 41 persen wanita BAB sambil membaca.



Simak Video "Nggak Baik! Ini Risiko Main Ponsel Sambil BAB"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)