Senin, 06 Jul 2020 13:18 WIB

Eucalyptus dan Kayu Putih Sama Nggak Sih? Ini Penjelasan Kementan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
close-up of a young koala bear (Phascolarctos cinereus) on a tree eating eucalypt leaves. Seekor koala menyantap daun eucalyptus yang masih berkerabat dengan kayu putih (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Kementerian Pertanian akhirnya buka suara soal status kalung eucalyptus yang disebut-sebut sebagai kalung 'antivirus' Corona. Dalam konferensi pers, ditegaskan bahwa kalung eucalyptus adalah aksesoris kesehatan, sedangkan dua produk sejenis yakni inhaler dan roll onterdaftar sebagai jamu.

Ngomong-ngomong, masyarakat masih banyak yang penasaran bedanya eucalyptus dengan kayu putih. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Fadjry Djufry pun menjelaskan silsilahnya.

"Jadi, memang di masyarakat menyamakan kayu putih dengan eucalyptus. Kayu putih ini adalah salah satu spesies atau bagian dari spesies eucalyptus yang ada 900 jenis di dunia," jelas Fadjry, saat melakukan konferensi pers melalui kanal Youtube, Senin (6/7/2020).

"Ini spesies dari Australia, tapi sudah berkembang banyak di Indonesia," lanjutnya.

Fadjry mengatakan, setelah mendapat material atau bahan aktif dari eucalyptus, kemudian diproses hingga menghasilkan ekstrak dan diuji di Balitbangtan sebagai bahan untuk produk kesehatan yang sudah cukup lama diteliti.



Simak Video "Ampuhkah Kalung 'Antivirus' Eucalyptus untuk Tangkal COVID-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)