Senin, 06 Jul 2020 17:16 WIB

Kalung Eucalyptus Vs Gelang Power Balance, Ini Bedanya Menurut Kementan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
virus corona Kalung eucalyptus dari Kementan bikin heboh. (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Jakarta -

Kementerian Pertanian (Kementan) dilaporkan meluncurkan beberapa inovasi produk dari bahan eucalyptus. Salah satunya adalah kalung eucalyptus yang sempat diklaim oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai antivirus Corona.

"Ini antivirus hasil Balitbangtan, eucalyptus, pohon kayu putih. Dari 700 jenis, 1 yang bisa mematikan Corona hasil lab kita. Dan hasil lab ini untuk antivirus. Dan kita yakin. Bulan depan ini sudah dicetak, diperbanyak," kata Mentan Syahrul beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementan, Fadjry Djufry melakangan membantah klaim antivirus pada kalung eucalyptus. Pihaknya hanya melihat efektivitas kalung untuk meredakan pernapasan dan gejala Corona saja.

Di media sosial sebagian netizen tak percaya dengan keampuhan kalung eucalyptus sebagai antivirus Corona. Bahkan ada yang membandingkannya dengan gelang Power Balance yang dulu pernah populer karena diklaim bermanfaat untuk kebugaran tubuh.

"Mungkin bakal jadi power balance jilid 2," komentar seorang pengguna Twitter.

Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Kementan, Dr Evi Safitri menjelaskan bahwa kalung eucalyptus akan didaftarkan sebagai jamu, bukan alat kesehatan. Menurut Evi yang menjadi inti adalah formula aromaterapi bukan karena bentuk kalungnya.

"Karena di dalam kalung tersebut ada aromaterapi dari eucalyptus, itu masuknya akan ke produk obat. Obat tradisional yang paling rendah adalah jamu," kata Evi pada detikcom.

"Kalau kalung yang dari Jepang itu kalau enggak salah alat kesehatan, atau gelang jaman dulu Power Balance. Nah itu kan benar-benar hanya dipakai tanpa ada formula di dalamnya. Kalau ini kalung itukan hanya bentuk, tapi formulanya itu," pungkasnya.



Simak Video "Ampuhkah Kalung 'Antivirus' Eucalyptus untuk Tangkal COVID-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)