Selasa, 07 Jul 2020 15:38 WIB

Masker Transparan Istri KSAD Jadi Perbincangan, Cocokkah untuk Sehari-hari?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Istri KSAD Andika, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono pakai masker respirator Masker transparan istri KSAD (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta -

Masker transparan milik istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono, ramai diperbincangkan. Masker yang diduga buatan Clean Space Technology seri Halo itu punya kemampuan filtrasi yang tinggi.

Dikutip dari Clean Space Technology, masker semacam ini memiliki kemampuan untuk menyaring 99,97 persen partikel, dengan ukuran mencapai 0,3 mikro. Masker tersebut cukup bisa diandalkan untuk mencegah penularan penyakit melalui virus ataupun bakteri.

Tetapi, apakah masker seperti yang digunakan istri KSAD ini cocok untuk digunakan sehari-hari?

Menurut anggota tim pokja pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) Kemenkes RI di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, dr Saut Halomoan Manulang, SpB(K), FCD, masker yang digunakan oleh istri KSAD memiliki kemampuan seperti masker N95, sehingga lebih diperuntukkan untuk keperluan medis.

"Berarti untuk penggunaan medis. Karena disebutkan mampu menyaring partikel ukuran 0,3 mikro. Standar masker N95," kata dr Manulang kepada detikcom, Selasa (7/7/2020).

Untuk pemakaian sehari-hari, dr Manulang mengatakan tidak harus yang secanggih itu.

"Terlalu berlebihan bila digunakan untuk masyarakat umum," tuturnya.



Simak Video "Masker Apa yang Paling Efektif Tangkal Virus Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)