Selasa, 07 Jul 2020 15:50 WIB

Vaksin Corona Buatan Indonesia Bakal Tersedia Pertengahan 2021

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
dr Reisa Broto Asmoro dr Reisa sebut vaksin Corona bakal tersedia pertengahan 2021. (Foto: BNPB)
Topik Hangat Vaksin Corona RI
Jakarta -

Seluruh dunia saat ini berlomba menciptakan vaksin potensial untuk menangkal penularan dan mengakhiri pandemi virus Corona. Setidaknya sudah ada beberapa kandidat vaksin COVID-19 yang telah memasuki tahap uji coba pada manusia.

Di Indonesia sendiri, anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro mengungkap vaksin buatan RI akan diproduksi massal dan bakal tersedia tahun depan.

"Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kemeterian Riset dan Teknologi Prof Ali Gufron Mukti memprediksi vaksin lokal akan diproduksi massal dan akan tersedia bagi masyarakat Indonesia pertengahan 2021," tutur dr Reisa lewat siaran BNPB, Selasa (7/7/2020).

Vaksin buatan Indonesia juga disebut bekerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan. Hal ini membuktikan seluruh dunia saling bahu membahu untuk menunjukkan kekompakan melawan virus Corona.

Disebutkan oleh dr Reisa, dari 15 tahap yang harus dipenuhi, saat ini calon vaksin Corona buatan Indonesia tela berhasil melewati 8 tahapan awal. Sekitar 7 langkah berikutnya sedang dilakukan di mana prosesnya membutuhkan waktu lebih lama.

"Kita patut optimis bahwa Indonesia bisa menghasilkan vaksin COVID-19 dalam waktu secepatnya," pungkas dr Reisa.



Simak Video "Skema Uji Klinis Vaksin Sinovac yang Akan Dijalani Relawan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Vaksin Corona RI