Selasa, 07 Jul 2020 17:12 WIB

4 Masker Unik yang Sempat Viral, Termasuk Masker Canggih Istri KSAD

Firdaus Anwar - detikHealth
Istri KSAD Andika, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono pakai masker respirator Masker yang dipakai istri KSAD curi perhatian. (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona COVID-19, masker jadi benda yang banyak dicari untuk mencegah penularan penyakit. Hal ini membuat semakin banyak jenis masker dibuat dan dijual di pasar untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda.

Beberapa jenis masker tersebut kadang cukup unik hingga akhirnya menarik perhatian orang-orang. Sebagai contoh misalnya masker transparan milik istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono, disebut-sebut berteknologi canggih dengan harga sampai puluhan juta.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut beberapa masker yang pernah dilaporkan sempat bikin heboh:

1. Masker canggih istri KSAD

Masker transparan milik istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono menarik perhatian masyarakat. Disebut-sebut, masker tersebut merupakan masker buatan Clean Space Technology seri Halo.

Masker respirator ini bisa menyaring 99,97 persen berbagai partikel, seperti debu, bakteri, dan virus dengan ukuran sampai 0,3 mikro.

Masker menggunakan tali yang dikaitkan pada telinga, yang berfungsi agar masker respirator bisa digantung di leher. Adapun pengait atau harness yang dikaitkan di kepala.

2. Masker emas pria India

Seorang pria asal Pune, India membeli masker emas yang cukup menguras kantong seharga 56 juta rupiah. Fotonya yang menggunakan masker emasnya itu pun beredar di media sosial, salah satunya di akun Twitter @Star_Fisheries.

"Aksesoris baru di pasar. Masker yang terbuat dari emas," tulis akun tersebut.

Pria pemakai masker yang diketahui bernama Shankar Kurade ini mengatakan masker emas yang dibelinya dengan harga yang fantastis itu cukup nyaman digunakan. Sehingga itu tidak membuatnya kesulitan bernapas saat beraktivitas menggunakan masker tersebut.

"Masker ini tipis dengan lubang-lubang kecil, sehingga tidak membuat kesulitan dalam bernapas," kata Kurade yang dikutip dari Gulf News.

3. Masker senyum dan kumis

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo sempat menarik perhatian karena memakai desain masker yang tidak biasa yaitu bergambar kumis. Saat ditanya, pria yang akrab disapa Rudi ini mengaku sengaja menggunakan masker tersebut agar mudah dikenali.

Beberapa tokoh lainnya, seperti Abdullah Gymnastiar, Ridwan Kamil, dan Tito Karnavian juga berhasil menarik perhatian dengan desain masker yang menunjukkan wajah tersenyum.

4. Masker transparan tunarungu

Bagi penyandang tunarungu, kebiasaan memakai masker bisa mempersulit komunikasi karena jadi tidak bisa membaca gerak bibir dan ekspresi wajah. Oleh karena itu timbul ide untuk berinovasi menciptakan masker transparan.

Salah satu pembuat masker transparan yakni Dwi Rahayu Februarti (41) warga Dusun Gemawang RT 03 RW 044, Desa Sinduadi, Mlati, Sleman. Dwi yang tuna rungu ini awalnya membuat masker transparan ini karena kesulitan yang dia alami sendiri saat berkomunikasi dengan masker yang biasa dijual di pasaran.

"Masker itu untuk mempermudah komunikasi, karena kalau (masker) tutup total dari teman-teman tuli tidak bisa melihat ekspresi dan gerakan bibir jadi tidak bisa memahami komunikasinya," kata Dwi beberapa waktu lalu.



Simak Video "Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan saat Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)