Selasa, 07 Jul 2020 17:28 WIB

Vaksin Corona Made In RI Bakal Siap 2021, Siapa Sih yang Bikin?

Ayunda Septiani - detikHealth
Wabah virus corona telah ditetapkan oleh WHO sebagai darurat global. Para ilmuwan di berbagai negara di dunia berlomba-lomba mengembangkan vaksin dari virus itu Seorang ilmuwan sedang mengembangkan vaksin untuk virus Corona (Foto: AP Photo)
Topik Hangat Vaksin Corona RI
Jakarta -

Seluruh dunia saat ini berlomba menciptakan vaksin yang berpotensi untuk menangkal penularan dan mengakhiri pandemi virus Corona COVID-19. Setidaknya sudah ada beberapa kandidat vaksin COVID-19 yang telah memasuki tahap uji coba pada manusia.

Di Indonesia sendiri, anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro mengungkap vaksin buatan RI akan diproduksi massal dan diprediksi akan tersedia tahun depan.

"Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi Prof Ali Gufron Mukti memprediksi vaksin lokal akan diproduksi massal dan akan tersedia bagi masyarakat Indonesia pertengahan 2021," tutur dr Reisa lewat siaran BNPB, Selasa (7/7/2020).

Indonesia juga telah setuju untuk melakukan upaya bersama dalam memproduksi vaksin untuk melindungi bangsa dan penduduk dunia lainnya. Namun hal yang perlu diingat, sebelum vaksin tersedia kita tetap wajib untuk melindungi diri dan sekitar dari virus Corona COVID-19.

Nah kira-kira siapa sih yang bakal produksi vaksin Corona di Indonesia sendiri? Berikut 3 perusahaan dan lembaga yang akan bekerja sama untuk mengembangkan vaksin virus Corona di Indonesia.

1. Lembaga Eijkman
2. PT Bio Farma
3. PT Kalbe Farma.

Semoga lekas terwujud ya!



Simak Video "Vaksin Virus Corona dari China Sudah Masuk ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Vaksin Corona RI