Selasa, 07 Jul 2020 21:53 WIB

3 Faktor yang Menentukan Besar Kecilnya Ukuran Payudara

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
diskon berdasarkan ukuran payudara Ukuran payudara bisa bervariasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Ukuran payudara sangat bervariasi. Ada yang sangat besar, ada juga yang kecil.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi ukuran payudara. Dari sekian banyak, tiga di antaranya adalah sebagai berikut, dikutip dari Self.

1. Gen

Karakteristik seseorang memang banyak dipengaruhi oleh gen, seperti warna rambut, kulit, dan tinggi badan. Hal ini juga terjadi pada ukuran payudara wanita.

"Ketika lahir, wanita kerap sudah 'memiliki' ukuran payudaranya. Tetapi, ini juga dapat berubah," kata ahli bedah onkologi, Nazanin Khakpour.

2. Olahraga

Jika kamu mulai aktif berolahraga akhir-akhir ini dan menyadari bahwa payudaramu terlihat menjadi lebih besar, itu mungkin saling berhubungan. Namun, tak semerta-merta olahraga dapat membuat payudara jadi membesar.

Rutin melakukan latihan otot dada bisa mempengaruhi ukuran payudara karena otot di sekitar payudara akan menjadi lebih kuat dan payudara pun tampak menjadi lebih besar.

3. Usia

Seiring berjalannya usia, payudara wanita akan semakin terbentuk tergantung dari kadar hormon estrogen di dalam dirinya.

Hal ini juga terjadi ketika wanita sudah mulai mendekati menopause. Ketika hormon estrogen turun, jaringan ikat di payudara akan mengalami 'dehidrasi' sehingga elastisitas kulit pun akan berkurang, yang membuat ukuran payudara tampak menyusut.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)