Rabu, 08 Jul 2020 08:00 WIB

Punya Nama Unik seperti Dita Leni Ravia, Harus Bagaimana Jika Dibully?

Elsa Himawan - detikHealth
Seorang pelajar asal Gunungkidul mendadak viral karena memiliki nama yang unik dalam bahasa Jawa. Apa sih artinya? Nama unik Dita Leni Ravia (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta -

Nama seorang pelajar asal Kabupaten Gunungkidul mendadak viral karena unik. Pasalnya, namanya adalah Dita Leni Ravia, yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, memiliki makna 'diikat menggunakan tali rafia'.

Perempuan yang kerap disapa Leni (17) ini membenarkan nama lengkapnya adalah Dita Leni Ravia. Menurutnya, nama tersebut pemberian ibunya.

Nama merupakan pemberian dari orang tua untuk anaknya, yang di dalamnya tersingkap doa dan harapan. Namun, bagaimana jadinya bila nama anak memiliki arti tertentu yang memancing olok-olok?

Veronica Adesla, seorang psikolog klinis dari Personal Growth, mengatakan potensi bullying terhadap nama seseorang mungkin saja terjadi. Terlebih jika memiliki kandungan makna tertentu yang dianggap negatif.

Akan tetapi, menurut Veronica semua tergantung dari respons masing-masing orang individu. Termasuk dalam kasus nama unik yang viral tersebut.

"Ketika kita besar, kita tentu perlu berpikir secara rasional dalam menyikapi bila terjadi bullying. Yang pertama adalah pahami dan ingat kembali makna di balik nama yang diberikan orang tua. Bila tidak tahu, maka bertanyalah pada orangtua," saran Vero.

"Yang kedua, bersikaplah asertif. Bila memang merasa terganggu, sampaikan bahwa kamu tidak menyukai perilaku tersebut dan minta untuk tidak diulang kembali," pungkasnya.

Punya pengalaman dibully karena nama unik? Ceritakan di komentar ya.



Simak Video "UNICEF: Orang Tua Juga Harus Perhatikan Kesehatan Jiwa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)