Jumat, 10 Jul 2020 19:00 WIB

12 Negara yang Tidak Terkena Virus Corona, Mana Saja?

Ayunda Septiani - detikHealth
Rencana pemerintah untuk melonggarkan PSBB dinilai terburu-buru. Ada Sejumlah hal yang harus dipertimbangkan bila pemerintah hendak melonggarkan PSBB. 12 Negara yang tidak terkena virus corona (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Ada 12 negara yang tidak terkena virus Corona hingga saat ini. Padahal secara global, tercatat lebih dari 12 juta kasus positif yang terkonfirmasi dengan lebih dari 554 ribu kematian.

Pada bulan Desember 2019, virus Corona mulai merebak di China. Kemudian beberapa minggu setelahnya, virus Corona COVID-19 ini menjadi pandemi global.

Mudah menular

Virus yang menyebabkan penyakit pernapasan ini dapat ditularkan melalui droplet orang yang terinfeksi, dan setidaknya virus Corona telah menginfeksi 188 negara di seluruh dunia. Nyaris tidak ada negara yang tidak terkena virus Corona.

Pejabat kesehatan, para ilmuwan, dan pemerintah terus meminta masyarakat untuk terus menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing) dan tidak keluar rumah jika memang ada keperluan yang mendesak.

Penggunaan masker juga menjadi salah satu upaya mencegah penularan virus Corona. Di awal-awal pandemi, sempat terjadi kelangkaan masker medis. Organisasi kesehatan dunia WHO lalu menyarankan penggunaan masker kain yang bisa dibuat sendiri. Kelebihan lainnya adalah bisa dipakai ulang setelah dicuci pakai sabun.

Data yang dikutip dari Universitas Johns Hopkins, sudah ada total 12.268.630 kasus terinfeksi, dengan 554.928 kematian.

Meski saat ini seluruh dunia masih ditakutkan dengan penyebaran virus Corona COVID-19, namun hingga saat ini masih ada negara yang tidak terkena virus Corona.

Dikutip dari laman Al Jazeera Jumat (10/7/2020), ada beberapa negara yang belum melaporkan adanya kasus virus Corona.

Ini daftar 12 negara yang tidak terkena virus Corona

1. Kiribati

2. Pulau Marshall

3. Mikronesia

4. Nauru

5. Korea Utara

6. Palau

7. Samoa

8. Pulau Solomon

9. Tonga

10. Turkmenistan

11. Tuvalu

12. Vanuatu



Simak Video "WHO Sebut COVID-19 Bukan Penyakit Musiman, Tahan di Segala Cuaca"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)