Sabtu, 11 Jul 2020 21:04 WIB

Tidur Pakai Penutup Telinga, Amankah?

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Close up of a young woman  fall asleep next to smart phone Tidur pakai penutup telinga (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi sebagian orang, penutup telinga adalah satu-satunya cara untuk menghindari suara saat sedang tidur. Menurut mereka penutup telinga sangat efektif agar kualitas tidur tetap terjaga apalagi setelah seharian penuh melewati berbagai aktivitas.

Dikutip dari Healthline, tidur dengan kualitas yang baik bisa memperkecil kemungkinan terkena risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, depresi, dan stroke.

Suara berisik kerap mengganggu usaha untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Karenanya, alat bantu berupa penutup telinga sering digunakan.

Apakah penutup telinga memiliki efek samping?

Penyumbat telinga umumnya aman. Namun, beberapa seseorang mengalami efek samping akibat menggunakan penutup telinga secara rutin. Saat menggunakan penutup telinga dapat mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam sehingga kotoran telinga menumpuk. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pendengaran dan Tinitus.

Selain itu, penutup telinga juga dapat menyebabkan infeksi telinga dan mengakibatkan terjadinya rasa sakit yang berkepanjangan pada telinga.

Lalu, penutup telinga apa yang baik digunakan?

Penutup telinga umumnya ada yang berukuran besar dan kecil. Sebenarnya untuk ukuran tidak masalah namun yang harus diperhatikan adalah sebaiknya penutup telinga memiliki lubang kecil yang dapat membantu menyamakan tekanan di telinga.

Selain itu, pilihlah penutup telinga yang lentur sehingga nyaman saat digunakan untuk tidur. Saat menggunakan penutup telinga, disarankan tidak memasukkannya terlalu dalam karena akan berisiko mengganggu lapisan gendang telinga. Agar penutup telinga tetap bersih cuci setiap hari dengan air hangat dan sabun tetapi pastikan penutup telinga kering sebelum digunakan.

Penutup telinga memang efektif bagi seseorang yang susah tidur. Namun, jika Anda mudah tidur walaupun kondisi berisik sebaiknya tidak perlu menggunakan penutup telinga.



Simak Video "Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud Ternyata Tidak Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)