Sabtu, 11 Jul 2020 23:11 WIB

Menkes Terawan Beri Santunan ke Ahli Waris Nakes Pejuang COVID-19

Angling Adhitya Purbaya - detikHealth
Menkes Terawan di Semarang, Sabtu (11/7/2020) Menkes Terawan menyampaikan santunan (Foto: Angling/detikHealth)
Semarang -

Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto menyerahkan santunan kepada ahli waris tenaga medis yang meninggal dalam penanganan COVID-19 atau Corona. Hari ini secara simbolis Terawan menyerahkan di Semarang.

Bertempat di kampus Poltekkes Kemenkes Semarang, Terawan menyerahkan santunan senilai Rp 300 juta kepada lima ahli waris atau yang mewakili dari tenaga medis yang gugur.

Dokter dan perawat yang meninggal tersebut adalah Dr Sofyan Endi dari RSUD Soedjati Soemordiardjo Purwodadi, Dr Sangaji Widi dari Puskesmas Karanganyar Kota Semarang, Yuni Wuryaningsih dari Puskesmas Sayung Demak, Yadi Siswanto dari Puskesmas Bangsri Jepara dan Siti Fatimah dari RSUD RA Kartini Jepara.

Menkes mengatakan kedatangannya tersebut juga atas perintah Presiden agar memberikan penghormatan langsung kepada keluarga tenaga medis yang gugur.

"Ini wujud rasa hormat kami terkhusus bapak Presiden Joko Widodo terhadap para almarhum atau almarhumah yang gugur dalam penanganan COVID-19," kata Terawan dalam sambutannya, Sabtu (11/7/2020).

"Hari ini secara langsung disampaikan santunan kepada 5 ahli waris tenaga medis yang gugur," imbuhnya.

Terawan menegaskan para tenaga medis merupakan pahlawan yang mendedikasikan diri pada tugasnya. Para tenaga medis yang meninggal pun menurutnya bisa menjadi teladan bagi teman sejawat.

"Kami berharap santunan ini dapat bermanfaat bagi keluarga tenaga medis yang meninggalkan kita semua. Dedikasi teman sejawat ini bisa kita teladani, menjadi hal yang membanggakan dan ini merupakan pahlawan di bidang medis. Kami sangat menghargai dan menghormatinya," jelasnya.

Menkes juga meminta masyarakat untuk memegang teguh protokol kesehatan dan berdoa agar bencana wabah Corona bisa segera berlalu.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkapkan terimakasih karena Menkes datang langsung untuk memberikan santunan. Ia pun berharap kerjasama antar komponen terlaksana dengan saling menghormati untuk melawan Corona.

"Mudah-mudahan ini bisa memberikan satu rasa hormat kepada keluarga ahli waris mereka yang gugur itu, tapi sekaligus ini kita memberikan kepada yang lain bahwa kita semua mesti peduli dan saling menghargai, saling menghormati. Perlu kerjasama antar seluruh komponen untuk melawan COVID-19," tegas Ganjar.



Simak Video "Menkes Ungkap Alasan Ubah Istilah PDP-ODP Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)