Senin, 13 Jul 2020 12:10 WIB

Viral Kamar Kos Penuh Sampah, Diduga Hoarding Disorder

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral kamar kos penuh sampah Viral kamar kos penuh sampah, diduga penghuninya alami hoarding disorder. (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta -

Viral di media sosial, foto penampakan kamar yang penuh dengan sampah di dalam sebuah indekos. Diketahui, kamar tersebut sudah ditinggal penghuninya yang merupakan seorang wanita lebih dari dua bulan.

Tweet ini dibagikan oleh akun Twitter bernama @ksiezyc26, Minggu (12/7/2020). Hingga Senin (13/7/2020), tweet tersebut telah mendapat lebih 17 ribu retweet dan 59 ribu like.

"Sumpah gue kaget banget biasa lihat di berita sekarang lihat sendiri di kosan gue ada orang yang selama ini tidur sama sampah," tulis @ksiezyc26.

Pemilik akun @ksiezyc26 mengaku tidak mengenal penghuni tersebut dan baru pernah melihatnya dua kali. Menurut keterangan yang ia dapatkan dari penjaga indekos, sebelumnya penghuni itu sudah tinggal selama dua tahun.

Saat dikonfirmasi detikcom, sang pemilik akun juga mengaku tidak pernah berinteraksi dengan penghuni kamar tersebut. "Nggak kita di kosan tuh masing-masing jarang banget berinteraksi satu sama lain kalo nggak penting-penting banget, terutama sama dia saya juga nggak pernah berinteraksi sedikit pun," jelasnya.

Selain itu, penghuni kamar kos tersebut juga diduga tidak pernah membawa teman ke dalam kamar kosnya. Pemilik akun @ksiezyc26 menduga penghuni kamar enggan mengizinkan seseorang masuk ke dalam kamarnya. "Sepertinya nggak pernah bawa teman main ke kosan sih. Soalnya kata mbak kosan AC dia rusak sudah lama tapi nggak pernah mau dibenerin. Jadi kemungkinan dia sengaja buat nggak dilihat orang lain termasuk temannya," kata pemilik akun @ksiezyc26 kepada detikcom.

"Setelah ngobrol sama mba-mba yang jaga kosan selama ini singkatnya, ternyata dia sudah kos di sini selama kurang lebih 2 tahun, tapi 2 bulan terakhir ini dia sudah nggak bayar kosan dan sudah nggak balik lagi ke kosan alias sudah kabur dan sudah dihubungi via WA tapi nggak ada jawaban sampai sekarang," jelasnya.

Menurut pemilik akun @ksiezyc26, penghuni itu merupakan orang yang pintar. Ini diketahui dari keterangan di curriculum vitae (CV) yang ia temukan di dalam kamar tersebut.

"By the way dari CV yang gue temuin, dia alumni Universitas Swasta ternama di Jakarta, GPA-nya (grade point average) juga hampir cumlaude, experiencenya dia seorang freelance writer, lalu dua tahun sebagai guru bahasa Inggris," ujarnya.

"Artinya, dia ini sebenarnya smart orangnya," lanjutnya.

Tweet itu pun menuai respons dari para netizen. Ada yang menduga sang penghuni memiliki gangguan psikologis, yakni hoarding disorder.

"Itu kelainan nder. Dalam dunia medis disebut hoarders, sebuah penyakit dalam penderitanya menimbun semua barang dan sampah dalam ruangannya. Penderita akan marah atau panik kalau salah satu barang yang dia timbun hilang atau dibersihkan. Mereka merasa terlalu sayang pada barang-barang yang dikumpulkan," tulis @be***ni*el*e.

Selain itu, ada juga netizen lain yang bercerita pernah mengalami mengumpulkan sampah di dalam ruang pribadinya. Tetapi, kali ini di dalam lemari.

"Aku pernah nder, waktu SD kelas 2-4, sampah bekas jajan aku simpan di lemari, printilan dari baju atau sepatu juga, sampai akhirnya bau banget terus dibongkar sama mak, habis itu demam, tapi setelahnya nggak lagi," tulis @Co*_**cc*n*l.

Benarkah penghuni kamar kos tersebut mengidap hoarding disorder? Simak penjelasan psikolog di artikel berikutnya ya, detikers!



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)