Senin, 13 Jul 2020 16:38 WIB

Ini 4 Tips Jitu Atasi Nyeri & Keram Perut Saat Menstruasi

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
ilustrasi menstruasi Foto: shutterstock
Jakarta -

Hampir setiap wanita pasti pernah merasakan sakit menjelang atau saat datang bulan tiba. Rasa sakit itu bisa bermacam-macam mulai dari kembung, melilit, lemas, migrain, sakit perut, dan merasa kelelahan.

Sakit di bagian perut biasanya akan lebih mendominasi. Rasa sakit menstruasi ini memang kerap terjadi karena saat menstruasi otot-otot rahim akan berkontraksi untuk meluruhkan dinding rahim endometrium.

Kontraksi otot-otot rahim tersebut membuat aliran darah ke otot-otot rahim menjadi berkurang yang merangsang ujung-ujung saraf sehingga terasa nyeri. Rasa sakit ini tentunya akan sangat mengganggu karena bisa saja menghambat aktivitas sehari-hari.

Kamu pasti tidak mau merasakan rasa sakit ini setiap bulan, kan? Melansir Healthline, berikut ini tips dan trik mengatasi masalah menstruasi yang sering kamu alami.

Kenali Siklus Menstruasi

Langkah pertama yaitu dengan melacak siklus menstruasi. Hitung berapa lama menstruasi itu berlangsung tiap bulan, dan berapa lama periodenya hingga ke siklus selanjutnya. Catat juga tingkat energi yang kamu miliki selama menstruasi, perubahan gerakan usus, dorongan seksual, suasana hati, hingga kebiasaan tidur.

Data-data pribadi ini akan membantu kamu untuk mengatur tubuh, misalnya mengatur asupan nutrisi dengan lebih baik saat menstruasi agar tubuh terasa lebih bugar. Kamu juga bisa lebih produktif di minggu-minggu sebelum periode tiba, karena mungkin saat siklus menstruasi tiba kamu harus banyak beristirahat, dan lain sebagainya.

Mengonsumsi Makanan yang Kaya Magnesium

Magnesium bisa mendukung sistem saraf dan mengatasi perasaan gugup, gelisah dan mudah tersinggung. Mood yang bisa memperparah rasa sakit tersebut biasa dialami oleh orang yang sedang menstruasi karena pengaruh dari hormon.

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, lobak, brokoli, merupakan beberapa sayuran yang baik dikonsumsi saat sedang menstruasi. Namun jika tidak terlalu suka dengan sayuran, kamu juga bisa mengasup magnesium dari suplemen.

Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup juga menjadi kunci membuat tubuh kembali bugar saat menstruasi. Melatonin, hormon malam hari, memiliki dampak besar pada siklus menstruasi. Melatonin ini dapat meningkatkan ovulasi dan sumber kesuburan dan mengobati nyeri panggul kronis pada endometriosis.

Terapi Hangat

Cara lain yang bisa membantu meredakan nyeri haid secara efektif yaitu dengan terapi hangat. Kamu bisa mengompres perut atau di bagian yang nyeri dengan air hangat. Namun hal itu pasti akan membuat aktivitas terganggu.

Oleh karena itu iFree Pad Terapi Hangat hadir menjadi solusi praktis, efektif dan aman bagi kamu yang ingin mengatasi nyeri haid dan tetap beraktivitas tanpa harus meminum obat. iFree Pad ini akan memberikan terapi hangat yang bisa merelaksasi otot rahim, melancarkan aliran darah ke otot rahim dan memblok signal sakit.

Kamu hanya perlu menempelkan pad pada tingkatan hangat yang diinginkan. Misalnya, tempelkan di bagian dalam baju untuk tingkatan agak hangat, tempelkan di luar celana dalam untuk tingkatan hangat, dan bisa juga ditempelkan di dalam celana dalam untuk tingkatan yang lebih hangat. Tapi pad ini tidak disarankan untuk ditempelkan langsung ke kulit, ya.

Dengan proses alami OxyHeat, proses yang secara alami menimbulkan efek hangat seketika saat kemasan pad dibuka. Efek hangatnya pun akan terasa sampai dengan 8 jam. Dengan iFree Pad, keram perut dan nyeri saat haid akan hilang dan kamu bisa kembali beraktivitas normal.

Produk iFree Pad ini dapat dibeli di beberapa e-commerce tepatnya di official store iFree Pad yang ada di Tokopedia, Shopee dan Lazada. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek Instagram @ifree.indonesia juga.



Simak Video "NGOBS KUY! Ciri-ciri Cewek PMS"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)