Selasa, 14 Jul 2020 12:08 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bisa Ganggu Imunitas Tubuh, Apa Saja?

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi gula Makanan dan minuman yang bisa turunkan imunitas tubuh. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat menjadi salah satu upaya yang paling untuk mencegah virus Corona COVID-19. Hal yang wajib kamu lakukan untuk menjaga imunitas tubuh adalah menjaga pola hidup sehat, seperti mengatur konsumsi makanan.

Bukan hanya mengatur asupan makanan yang sehat, ada beberapa makanan dan minuman yang ternyata bisa membuat imunitas tubuh menurun. Berikut 4 makanan dan minuman yang bisa melemahkan imunitas tubuh, dikutip dari Health.

1. Minum alkohol

Kebiasaan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah makalah yang diterbitkan jurnal Alcohol Research, para peneliti mencatat bahwa ada hubungan antara asupan alkohol yang berlebihan dan respons imun yang melemah.

Dampak yang bisa disebabkan karena terlalu banyak konsumsi alkohol bisa menimbulkan risiko terkena pneumonia dan kemungkinan yang lebih besar untuk mengembangkan sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS). Faktor lainnya juga berpotensi meningkatkan risiko terkena COVID-19.

2. Konsumsi garam berlebihan

Sebuah penelitian baru dari Rumah Sakit Universitas Bonn yang dilakukan pada manusia dan tikus menyimpulkan bahwa terlalu banyak garam dapat mengganggu imunitas tubuh. Para peneliti menemukan bahwa ketika ginjal mengeluarkan kelebihan natrium, efek domino yang terjadi akan mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri.

Menurut Dietary Guidelines for Americans, batas harian natrium yang disarankan adalah di bawah 2.300 mg per hari untuk orang dewasa, kurang dari asupan rata-rata yaitu 3.440 mg per hari.

3. Konsumsi gula berlebih

Sebuah studi yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa setelah puasa semalam, manusia yang diberi 100 gram gula mengalami pengurangan kemampuan sel kekebalan untuk menelan bakteri. Studi tersebut bukan mengartikan bahwa kamu tidak boleh mengkonsumsi gula lagi, tetapi cukup mengurangi takaran gula dalam setiap makanan dan minuman.

The American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi gula tambahan. Jenis yang ditambahkan pada makanan tidak boleh lebih dari enam sendok teh per hari (untuk wanita), dan sembilan sendok per hari (untuk pria). Satu sendok teh sama dengan empat gram gula tambahan, sehingga 24 dan 36 gram gula tambahan masing-masing untuk wanita dan pria setiap hari.

4. Asupan kafein berlebihan

Asupan kafein berlebihan pada kopi dan teh bersifat melindungi kesehatan karena tingginya tingkat antioksidan yang dikaitkan dengan anti-peradangan. Namun, terlalu banyak kafein dapat mengganggu tidur dan mengakibatkan peradangan, serta mengganggu kekebalan tubuh.

Saat kamu menikmati kopi dan teh, pastikan untuk menghentikan asupan kafein setidaknya enam jam sebelum tidur untuk mencegah gangguan tidur. Ingat, tidur yang cukup tentunya sangat mempengaruhi kekebalan tubuhmu.

Tidak perlu cemas, kamu dapat mengkonsumsi banyak serat dan sayuran hijau untuk menjaga sistem imunitas tubuhmu. Misalnya, kamu dapat mengganti makan sereal manis dengan buah dan kacang-kacangan.



Simak Video "Makanan untuk Tingkatkan Imunitas Hadapi New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)