Selasa, 14 Jul 2020 14:37 WIB

4 Etika Batuk dan Bersin yang Baik agar Terhindar Virus Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Batuk Tutup mulut dan hidung jadi etika batuk atau bersin yang paling dasar. (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui adanya potensi penularan virus Corona COVID-19 di udara. Para ahli menjelaskan ini karena percikan liur berukuran ekstra kecil (mikrodroplet) bisa tidak langsung jatuh ke tanah, bertahan lama di udara sehingga berisiko terhirup orang lain.

Mikrodroplet ini diketahui bisa dihasilkan seseorang saat berbicara, bersin, batuk, atau bernyanyi.

Terkait hal tersebut, yuk ketahui etika batuk dan bersin yang baik agar bisa saling menjaga tidak menularkan penyakit ke orang lain:

1. Jangan lepas masker

Tujuan memakai masker adalah untuk menutupi hidung dan mulut sehingga meminimalisir kemungkinan kuman penyakit menyebar jauh atau terhirup. Namun, tampaknya ada sebagian dari kita yang memiliki kebiasaan melepas masker saat bersin atau batuk-batuk.

"Pakai masker. Pas bersin maskernya malah dibuka. Habis itu dipakai lagi. Sayang maskernya biar nggak kotor katanya," ujar spesialis paru di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet, dr Jaka Pradipta, SpP, yang menyoroti kebiasaan tersebut.

dr Jaka menyarankan agar orang-orang selalu menyiapkan masker cadangan daripada melepas masker saat bersin atau batuk karena takut kotor.

"Kalau kita lepas, artinya kita membahayakan orang lain," kata dr Jaka pada detikcom beberapa waktu lalu.

2. Buang tisu atau benda yang terkontaminasi

Saat sedang tidak memakai masker, maka usahakan sebaik mungkin tutup mulut dan hidung setiap batuk atau bersin. Bisa dengan tisu, lengan bagian atas, atau benda lain.

Hanya saja ingat langsung buang ke tempat sampah tisu atau benda sekali pakai yang digunakan untuk menutup mulut.

3. Segera cuci tangan

Etika bersin atau batuk yang baik adalah segara cuci tangan usai mengalaminya. Ini bertujuan untuk meminimalisir risiko tangan kita menyebarkan kuman penyakit yang mungkin menempel di tangan ke permukaan benda sekitar.

4. Hindari menyentuh wajah

Menyentuh wajah seperti mengelus pipi, menggosok hidung dan mengucek mata sebaiknya dikurangi agar terhindar dari infeksi virus.



Simak Video "Dear Warga Indonesia, Yuk Lakukan 3W Agar Terhindar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)