Selasa, 14 Jul 2020 17:31 WIB

WHO Sebut Vaksin Corona Tak Akan Siap dalam Waktu Dekat, Ini Alasannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Asian Beautiful Doctor Nurse woman in uniform with stethoscope, rubber gloves, mask check syringe injection, portrait , studio lighting dark background four back light flare silhouette copy space Vaksin virus Corona COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Perlu menunggu beberapa bulan lagi sampai vaksin Corona hadir untuk membantu menyelesaikan pandemi ini. Tetapi, para ahli penyakit terkemuka sudah memperingatkan agar siap untuk hidup berdampingan dengan virus tersebut.

Alasannya karena virus tidak akan pernah hilang. Bahkan akan ada lebih banyak ancaman penularan yang bisa saja terjadi selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

"Berharap kita bisa menghilangkan virus dalam waktu beberapa bulan, itu sungguh tidak realistis," kata direktur eksekutif kedaruratan kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Mike Ryan, mengutip dari Business Insider, Selasa (14/7/2020).

"Bahkan berharap vaksin yang efektif untuk melawan virus bisa tersedia dalam beberapa bulan saja, itu juga tidak realistis," imbuhnya.

Tak hanya vaksin, herd immunity juga disebut bisa mengatasi pandemi ini. Namun, itu bukanlah strategi terbaik untuk mengatasi pandemi Corona. Ryan mengatakan, kemungkinan besar kita tetap harus mengikuti protokol kesehatan dasar untuk mencegah penularan virus ini lebih lama lagi.

"Kami bisa dan akan mengembangkan vaksin. Tetapi, pasti banyak pertanyaan yang akan muncul," ujar Ryan.

Pertanyaan tersebut terkait dengan, seberapa efektifkah vaksin, siapa yang akan mendapatkan vaksin, dan apakah vaksin ini akan didistribusikan secara adil dan merata.



Simak Video "Vaksin Virus Corona dari China Sudah Masuk ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)