Kamis, 16 Jul 2020 17:16 WIB

Fungsi Hand Sanitizer, Cegah Corona Hingga Timbulnya Jerawat

Ayunda Septiani - detikHealth
alcoholic 70 percent in clear Plastic bottle Spray, and Hand Sanitizer gel on white table washing clean dirty to prevent germs protect colona virus, covid 19 Fungsi dari hand sanitizer, salah satunya cegah jerawat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/art Photo)
Jakarta -

Fungsi hand sanitizer menjadi alternatif untuk membersihkan tangan di kala tidak ada air dan sabun. Namun, membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer tidak dapat membunuh semua jenis kuman atau tidak seampuh mencuci tangan dengan air dan sabun.

Cara penggunaan hand sanitizer dengan menuangkan ke seluruh bagian tangan. Lalu gosokan pada seputaran tangan termasuk sela-sela jari selama 20 detik. Setelah hand sanitizer diusap pada tangan, biarkan mengering sendiri.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut fungsi hand sanitizer. Apa saja?

1. Bisa membersihkan kaca mata dan jam

Fungsi hand sanitizer yang kedua adalah, hand sanitizer bisa membersihkan kacamata dan jam tangan dari kuman yang menempel pada benda tersebut. Ini menjadi penting karena bisa dilakukan terutama setelah berada di tempat yang ramai.

baca juga

2. Meredakan rasa gatal karena gigitan nyamuk

Bukan hanya bisa menjaga kebersihan tangan, hand sanitizer juga mampu meredakan rasa gatal pada tubuh akibat gigitan nyamuk. Alkohol yang terkandung di dalamnya memiliki sifat antiseptik sehingga mampu mencegah infeksi. Rasa dingin dari hand sanitizer juga bisa membuat kulit terasa nyaman.

3. Mensterilkan luka kecil

Fungsi hand sanitizer yang ketiga adalah, dengan mengandung 60 persen alkohol yang bisa membantu untuk mensterilkan luka kecil. Karena ia bekerja sebagai disinfektan. Cukup tuangkan sedikit ke kapas kemudian tutupkan pada luka selama beberapa saat.

4. Mengatasi timbulnya jerawat

Cairan dari hand sanitizer mampu menghentikan inflamasi yang disebabkan oleh bakteri pada pori-pori. Ketika bakteri tersebut mati, jerawat pun akan segera mengering.

Meski fungsi hand sanitizer bisa membersihkan tangan dari kuman. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan penggunaan hand sanitizer hanya sebagai alternatif jika tidak menemukan air dan sabun.

baca juga



Simak Video "Bebas Kuman Hadapi New Normal Dengan Saniter"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)