Minggu, 19 Jul 2020 15:00 WIB

Pakai Masker Cuma di Dagu Justru Bahaya, Kenali Risikonya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Warga melintas di dekat mural bergambar simbol orang berdoa menggunakan masker yang mewakili umat beragama di Indonesia di kawasan Juanda, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (18/6/2020). Mural yang dibuat oleh warga itu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan masker sebagai salah satu  pencegahan dan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww. Pakai masker cuma di dagu adalah kesalahan yang meningkatkan risiko tertular virus Corona COVID-19 (Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta -

Terbiasa pakai masker cuma di dagu? Bukan cuma tidak efektif melindungi dari virus Corona COVID-19, kesalahan pakai masker yang seperti ini justru bahaya.

Pemakaian masker yang benar adalah menutupi wajah mulai dari lubang hidung, mulut, hingga dagu. Namun karena terasa kurang nyaman, beberapa orang menurunkannya hingga cuma menutupi dagu.

Tanpa disadari, kebiasaan buruk ini akan memindahkan kuman dari area yang tidak terlindungi yakni sekitar bawah dagu, ke area wajah ketika masker dinaikkan kembali. Jika dibutuhkan, lebih dianjurkan untuk sekalian melepas masker dibanding menurunkannya ke dagu.

Beberapa hal yang perlu dicatat terkait kebiasaan buruk ini adalah sebagai berikut:

1. Mengapa harus menggunakan masker?

dr Reisa Broto Asmoro, anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 mengatakan bahwa menggunakan masker dengan benar menurunkan risiko COVID-19 lebih dari 50 persen.

Selain itu, World Health Organization (WHO) menginformasikan bahwa ada sejumlah bukti bahwa COVID-19 bisa menular melalui udara (airbone). Oleh karena itu penggunaan masker yang benar merupakan hal yang penting dalam kondisi pandemi saat ini.

Stop! 8 Kesalahan Pakai Masker Ini Bisa Tingkatkan Risiko Tertular CoronaStop! 8 Kesalahan Pakai Masker Ini Bisa Tingkatkan Risiko Tertular Corona Foto: infografis detikHealth

2. Apakah bahaya menggunakan masker di dagu?

Juru bicara pemerintah untuk penangan vrus Corona COVID-19, Achmad Yurianto, menyatakan bahwa menggunakan masker di dagu sama saja mencemari bagian dalam masker yang akan membawakan penyakit yang mungkin menempel di dagu. Saat seseorang menaikan lagi keatas tidak memberikan makna yang baik untuk pencegahan virus COVID-19.

Nah, jika penyakit yang tercemar di dalam masker masuk melalui mulut ataupun hidung akan lebih berisiko terkena COVID-19 sehingga fungsi masker malah membawa bahaya bagi kesehatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Olahraga Pakai Masker, Ini Tipsnya Supaya Aman dan Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]