Selasa, 21 Jul 2020 07:41 WIB

Alasan Bio Farma Pilih Vaksin Corona Sinovac untuk Uji Klinis di Indonesia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Otoritas Thailand telah mengembangkan vaksin untuk virus Corona. Vaksi yang dikembangkan sendiri oleh negara ini akan siap pada tahun depan. Alasan bio farma pilih vaksin corona sinovac untuk uji klinis di Indonesia. (Foto ilustrasi: AP/Sakchai Lalit)
Jakarta -

Perusahaan farmasi pelat merah Bio Farma menggandeng vaksin buatan China, Sinovac, sebagai mitra pengembangan vaksin COVID-19. Saat ini sebanyak 2.400 dosis vaksin Sinovac telah tiba di Indonesia yang rencananya akan dipergunakan untuk kebutuhan uji klinis tahap 3 pada Agustus mendatang.

"Alasan pemilihan Sinovac sebagai mitra adalah platform vaksin atau metode pembuatan vaksin yang digunakan oleh Sinovac, sama dengan kompetensi yang dimiliki oleh Bio Farma saat ini," sebut Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, dalam rilis yang diterima detikcom dan ditulis Selasa, (21/7/2020).

Disebutkan bahwa metode pengembangan vaksin yang dilakukan adalah metode inaktivasi. Mengutip Vaccine, metode inaktivasi yakni pembuatan vaksin dengan menggunakan versi tidak aktif dari jenis virus atau bakteri penyebab penyakit tertentu.

Sebagian besar vaksin yang digunakan saat ini telah memasukkan bentuk virus yang tidak aktif atau virus yang lemah sehingga tidak akan lagi menyebabkan penyakit. Ketika sel-sel kekebalan bertemu dengan vaksin yang berisikan virus tidak aktif tersebut, maka mereka akan memunculkan antibodi.

Jenis vaksin ini biasanya perlu beberapa dosis atau suntikan untuk mengembangkan antibodi atau kekebalan yang diinginkan. Beberapa jenis vaksin yang menggunakan metode inaktivasi sebelumnya adalah vaksin hepatitis A, vaksin flu, polio, dan rabies.

Selain vaksin kembangan Bio Farma dan Sinovac, beberapa kandidat vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh negara lain juga menggunakan metode inaktivasi. Salah satunya yakni kandidat andalan WHO yaitu Vaksin inactivated SARS-CoV-2 yang dikembangkan Wuhan Institute of Biological Products.



Simak Video "Bio Farma Bantah Indonesia Jadi 'Kelinci Percobaan' Vaksin China"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)